Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

ASPEK NILAI MORAL DALAM NOVEL CINTA DI DALAM GELAS KARYA ANDREA HIRATA DAN IMPLIKASI PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Image of ASPEK NILAI MORAL DALAM NOVEL CINTA DI DALAM GELAS KARYA ANDREA HIRATA DAN IMPLIKASI PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA
Dalam Penelitian yang telah diteliti mencakup permasalahan dalam kehidupan yang terkandung dalam aspek nilai-nilai khususnya aspek nilai moral. Selain itu, juga terdapat permasalahan pembelajaran yang dikaitkan dengan implikasi pembelajaran. Permasalahan tersebut merupakan kendala yang harus diperhatikan oleh guru.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitianini adalah(1) Bagaimanakah Aspek nilai moral dalam novel Cinta di Dalam Gelas karya Andrea Hirata; (2) Bagaimanakah Implikasi pembelajaran nilai moral dalam Novel Cinta di Dalam Gelas karya Andrea Hirata sebagai Pembelajaran di SMA. Tujuan yang hendak dicapai (1) mendeskripsikan aspek nilai moral dalam novel Cinta di Dalam Gelas karya Andrea Hirata.(2) Mendeskripsikan Implikasi pembelajaran nilai moral dalam Novel Cinta di Dalam Gelas karya Andrea Hirata sebagai pembelajaran di SMA.
Penulisan skripsi ini menggunakan metode kepustakaan, pendekatan analisis,dan pendekatan moral. Metode kepustakaan digunakan sebagai dasar pengumpulandata dan informasi yang diambil dari objek buku atau pustaka, sedangkan pendekatananalisis digunakan untuk menganalisis teks yang terdapat dalam Novel Cinta di Dalam GelasKarya Andre Hirata. Sementara pendekatan moral digunakan untuk memudahkanpenelitian, dimana konsep moral bisa disesuaikan dengan konsep pandanganmasyarakat yang telah ada.Penelitian ini disampaikan secara keseluruhan bahwa nilai moral dalam Novel Cinta di Dalam Gelas Karya Andrea Hirata adalah nilai keagamaan, kritik sosial, nilai kejujuran, nilai kesediaan bertanggung jawab, nilai kemandirian, nilai kerendahan hati, dan nilai keadilan.
Materi yang menjadi pembahasan dalam kajian ini yaitu nilai moral. Dalam
hal ini yaitu menganalisis nilai moral yang terdapat dalam novel Cinta di Dalam Gelas karya Andrea Hirata. Nilai moral tersebut menjelaskan dan menganalisis unsur-unsur instrinsik novel Indonesia atau terjemahan.
Adapun metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Menurut Kutha Ratna (2011: 53) metode deskriptif analisis dilakukan dengan cara mendeskripsikan fakta-fakta yang kemudian disusun dengan analisis. Hal yang teliti dalam penelitian ini adalah nilai-nilai moral yang terdapat dalam novel Cinta di Dalam Gelas karya Andrea Hirata. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan fakta-fakta yang kemudian dianalisis, karena apabila tidak dianalisis fakta tersebut akan mati dan tidak berarti.Dan penelitian ini diharapkan dapat Alternatif kedalampembelajaran sastra di SMA.
Kata Kunci :Aspek Nilai Moral dalam Novel dan Implikasi Pembelajaran di SMA
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

96;ix;A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

370

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

April 2014

Info Detil Spesifik

Softcopy dan Hardcopy

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.