Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

ANALISIS KESALAHAN PENERAPAN KAIDAH PADA TATA TULIS SURAT DINAS MASUK DARI DESA DI KANTOR KECAMATAN BOJONG KABUPATEN PEKALONGAN

Image of ANALISIS KESALAHAN PENERAPAN KAIDAH PADA TATA TULIS SURAT DINAS MASUK DARI DESA DI KANTOR  KECAMATAN BOJONG KABUPATEN PEKALONGAN
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penerapan kaidah pada tata tulis surat dinas masuk dari desa di Kantor Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya kesalahan penulisan surat dinas pada bagian surat dan mengidentifikasi faktor penyebab kesalahan tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu pendekatan penelitian secara teoretis dan pendekatan penelitian secara metodologis.Pendekatan teoretis menggunaka pendekatan analisis kesalahan berbahasa dan pendekatan penelitian secara metodologi yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif.
Analisis kesalahanpenerapan kaidah pada tata tulis surat dinas ini difokuskan pada aspek (1) kaidah penulisan bagian-bagian surat dinas dan aspekEjaan Yang Disempurnakan: huruf kapital, penulisan kata, singkatan, akronim, tanda titik, tanda koma, tanda titik dua, tanda hubung, tanda kurung, tanda garis miring, dan tanda titik koma, (2) faktor penyebab dari kesalahan penerapan kaidah pada tata tulis surat dinas masuk dari desa di Kantor Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, kesalahan pada aspek penulisan bagian-bagian surat yang telah penulis lakukan padadata 50 surat dinas yang masuk dari desa di Kantor Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan. Setelah data diidentifikasi, diklasifikasikan, dan dianalisis menurut kesalahannya, dapat diketahui jumlah kesalahan berdasarkan jenis kesalahannya. Secara keseluruhan pada aspek penulisan bagian-bagian suratdinas masuk dari desa di Kantor Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan terdapat pada keseluruhan bagian surat. Kesalahan paling banyak pada penulisan kop surat dan tanggal surat, sedangkan sedikit kesalahan pada penulisan tembusan.Pada aspek Ejaan yang Disempurnakan, kesalahan paling banyak yaitu pada kesalahan penulisan huruf kapital, kesalahan penerapan tanda titik, dan kesalahan penerapan tanda titik dua, sedangkan kesalahan paling sedikit yaitu kesalahan penerapan tanda titik koma.Kesalahan-kesalahan yang terjadi tersebut tidak sesuai atau menyalahi kaidah korespondensi dan ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan. Kemudian setelah diidentifikasi faktor penyebab dari kesalahan penerapan kaidah pada tata tulis surat dinas masuk dari desa di Kantor Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan yaitu faktor intern dan faktor ekstern.
Kata kunci: Analisis Kesalahan Berbahasa, Korespondensi, EYD
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia : 370.,

Deskripsi Fisik

283;xvii;A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

370

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

April 2014

Info Detil Spesifik

Softcopy dan Hardcopy

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.