Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

PEMANFAATAN MEDIA FOTO BERLATAR SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS XI IPS 2 MAN I PEKALONGAN DALAM MENULIS KREATIF NASKAH DRAMA

Image of PEMANFAATAN MEDIA FOTO BERLATAR SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN   SISWA KELAS XI IPS 2 MAN I PEKALONGAN DALAM MENULIS KREATIF NASKAH DRAMA
Permasalahan pada skripsi ini adalah: 1. Proses pembelajaran siswa kelas XI IPS 2 MAN I Pekalongan dalam membahas naskah drama menggunakan media foto berlatar sosial. 2. Peningkatan kemampuan menulis naskah drama bermuatan pendidikan karakter pada siswa kelas XI IPS 2 MAN 1 Pekalongan dengan media foto berlatar sosial. 3. Perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran setelah penggunaan media foto berlatar sosial.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 2 MAN 1 Pekalongan berjumlah 24 peserta didik. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan non-tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Teknik kuantitatif bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran secara kuantitas, dan teknik kualitatif bertujuan untuk memberikan interpretasi yaitu kegiatan menafsirkan fakta-fakta yang diperoleh di lapangan.
Hasil penelitian hasil pra-siklus nilai kemampuan menulis naskah drama secara klasikal dari prasiklus ke siklus I, siklus I ke siklus II berturut-turut mengalami peningkatan. Hasil tes menulis naskah drama pada prasiklus mencapai rata-rata 65. Jumlah keseluruhan siswa dalam satu kelas, berada pada kategori kurang dengan perolehan nilai0-70.
Hasil tes pada siklus I mencapai nilai rata-rata 75,35 dari keseluruhan siswa dalam satu kelas atau berada kalam kategori cukup dengan nilai 71-80. Hasil tes prasiklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 10,25 atau 13,74%. Peningkatan ini disebabkan pemberian tindakan pada siklus I yang berbeda dengan pembelajaran sebelumnya.
Hasil menulis naskah drama pada siklus II mencapai nilai rata-ata 81. Nilai rata-rata pada siklus II ini berada pada kategori baik dengan perolehan nilai 81-90. Kategori yang dicapai pada siklus II memuaskan bag] guru dan peneliti. Hasil tes menulis naskah drama siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 6,35. Peningkatan ini disebabkan siswa sudah dapat menyesuaikan diri dengan model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Pada siklus II siswa lebih antusias dan serius dalam mengikuti pembelajaran dibandingkan dengan siklus I.
Pada guru bahasa dan sastra Indonesia hendaknya kreatif menentukan strategi dalam pembelajaran agar kemampuan menanggapi isi peserta didik dapat meningkat. Selain itu peserta didik juga tidak akan merasa jenuh apabila guru mampu menggunakan cara pembelajaran yang kreatif, menarik. dan mudah dipahami.
Kata Kunci : Menulis Kreatif, Naskah Drama, Media Foto berlatar Sosial
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

158;xviii;A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

370

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

April 2014

Info Detil Spesifik

Softcopy dan Hardcopy

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.