Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEREFLEKSI ISI PUISI YANG DIBACAKAN KOMUNIKATIF MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CTL PADA MAHASISWA PBSI FKIP UNIKAL TAHUN AKADEMIK 2016/2017

Image of PENINGKATAN KEMAMPUAN MEREFLEKSI ISI PUISI YANG DIBACAKAN KOMUNIKATIF MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CTL PADA MAHASISWA PBSI FKIP UNIKAL TAHUN AKADEMIK 2016/2017
Perbaikan pengajaran sastra imajinatif yaitu dalam mengungkap isi puisi atau merefleksi puisi yang dibacakan. Hal ini mengingat puisi merupakan ekspresi pengalaman jiwa penulis yang diungkapkan dengan menggunakan kata-kata kias (penuh lambang). Selain itu, sifat pemadatan kata tentu menambah kesulitan bagi mahamahasiswa untuk memahami isi puisinya. Dan mengingat kegiatan merefleksi isi puisi ini dilakukan dari mendengarkan/menyimak pembacaan puisi, tentu membutuhkan konsentrasi penuh dan latihan cukup. Maka tak heran bila dalam pembelajaran yang dilakukan belum mencapai standar ketuntasan belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan komunikatif serta penerapan CTL dalam pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan mahamahasiswa dalam merefleksi isi puisi yang dibacakan. Yang penting mahamahasiswa dapat merasakan pembelajaran menjadi menyenagkan serta dapat mengembangkan pembelajaran secara imajinasi, mengasah kepekaan emosi, mencerdaskan dan mengasah keterampilan berbahasa.
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

Jurnal Ilmiah Cendekia

No. Panggil

370

Penerbit

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas ekalongan : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

iv + 14;A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

2301-5020

Klasifikasi

370

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

Jurnal Ilmiah Cendekia

Info Detil Spesifik

Softcopy dan Hardcopy

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.