Pendidikan adalah salah satu pilar dalam suatu negara. Dalam sistem pendidikan nasional seharusnya tidak ada diskriminasi dalam pelaksanaannya terutama untuk penyandang disabilitas. Namun akhir-akhir ini banyak yang membahas tentang kelas inklusi bagi penyandang disabilitas. Dalam penelitian ini permasalahan yang dibahas adalah Hak Bagi Penyadang Disabilitas Di Bidang Pendidikan (Studi Kasus SDLB Wiradesa Kab.Pekalongan dan SMP N 10 Kota Pekalongan)
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hak penyandang disabilitas di bidang pendidikan dalam hukum positif Indonesia, dengan menggunakan metode pendekatan Yuridis Sosiologis, Spesifikasi Penelitian yang dilakukan disini tergolong dalam penelitian Analis Deskriptif. Jenis sumber data menggunakan data primer, sekunder dan Metode analisa data menggunakan analisa data Kualitatif.
Dari hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa pendidikan untuk semua harusnya berlaku tanpa terkecuali, akan tetapi masih ada diskriminasi terhadap penyandang disabilitas. Maka dari itu semua komponen baik pemerintah, swasta, lembaga-lembaga sosial kemasyarakatan maupun warga masyarakat secara individual, secara bersama-sama atau sendiri-sendiri harus berkomitmen untuk berpartisipasi aktif dalam pelaksanaanya.
Kata Kunci : Pendidikan, Kelas Inklusi
ABSTRACT
Education is one of the pillars within a country. In the national education system, there should be no discrimination in the implementation, especially for the person with disabilities. But lately, there a lot to discuss about the class of inclusion for persons with disabilities. In this research, the issues that will be discussed are The Rights of Dissable Person in Education Field (Case Study of SDLB Wiradesa Kab.Pekalongan and SMP N 10 Pekalongan)
The formulation of the problem in this research is how the rights of persons with disabilities in education in Indonesian positive law (current law of Indonesia) , using sociological juridiction approach method, Research specification that will be used here classified as descriptive analysis research. Types of data sources are primary data, and secondary data. And use qualitative data analysis as the method data analysis.
From the results of this research, it can be concluded that education must be applied towards all students without exception, but in the real field of education, there are few discriminations against dissable person . therefore, all of the components of government, private institution, social institution and the people must commit to participate in the implementation of this rights as best as they can, together and individually.
Keywords: Education, Class Inclusion
Ketersediaan
FIH3308161
340-Sis-h
Tersedia
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
340-Sis-h
Penerbit
:
.,
2016
Deskripsi Fisik
A4, x, 66
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
hard copy dan soft copy
Pernyataan Tanggungjawab
isi skripsi tanggungjawab penulis sepenuhnya
Tidak tersedia versi lain
Komentar
Pilih Bahasa
Advanced Search
License
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.