Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK EM4 DENGAN DOSIS YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN BENIH IKAN NILA LARASATI (Oreochromis niloticus)

Image of PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK EM4 DENGAN DOSIS YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN  BENIH IKAN NILA LARASATI (Oreochromis niloticus)
Penggunaan probiotik secara langsung akan meningkatkan efektifitas
mikroba usus yang pada gilirinya meningkatkan pertumbuhan. Untuk itu diperlukan suatu kegiatan yang perlu dilakukan guna meningkatkan efektifitas probiotik dan mengurangi kendala kelangkaan bahan baku pakan ikan serta sekaligus meningkatkan kualitasnya. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui pengaruh penggunaan probiotik EM4 dengan dosis yang berbeda) terhadap pertumbuhan benih ikan nila larasati (Oreochromis niloticus sp.). Penelitian dilaksanakan pada tanggal 20 Januari sampai dengan tanggal 17 Febuari 2016 di Laboratorium Budidaya Perairan, Universitas Pekalongan Slamaran, Kelurahan Krapyak Lor, Pekalongan Utara, Jawa Tengah. Penelitian dilakukan berdasarkan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan. Sebagai perlakuan adalah pemberian probiotik EM4 dengan dosis yang berbeda, yaitu 0 ml/kg pakan (kontrol) , 5 ml/kg pakan, 10 ml/kg pakan, dan 15 ml/kg pakan. Untuk mengetahui pengaruh perlakuan terhadap pertumbuhan benih ikan nila larasati dilakukan analisis ragam berdasarkan uji F. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pertambahan bobot biomassa benih ikan nila larasati tertinggi diperoleh pada perlakuan pemberian probiotik EM4 dengan dosis 15 ml/kg pakan , yaitu rerata pertambahan biomassa mutlak 78,63 gram, sedangkan perlakuan dosis 0 ml/kg pakan (kontrol) memberikan rerata pertumbuhan terendah yaitu 45,87 gram. Kemudian disusul berturut-turut perlakuan 5 ml/kg pakan, dan 10 ml/kg pakan. Hasil analisis ragam terhadap pertumbuhan biomassa benih ikan nila larasati diketahui bahwa nilai F hitung (46,52**) lebih besar daripada F tabel 1% dan F table 5% (7.59 dan 4.06). Respon pertumbuhan terhadap perbedaan dosis EM4 berbentuk linear. Kisaran suhu air selama penelitian antara 27 – 30
o
C, pH air berkisar antara 7-8, dan oksigen terlarut dalam air (DO) berkisar 4,0-6,2 ppm.
Kata kunci : Ikan Nila Larasati, Dosis EM4, Pertumbuhan, Kualitas Air
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

639 SUP p

Penerbit

Prodi Budidaya Perairan Fakultas Peikanan Universitas Pekalongan : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

35 + vi; A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

639

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

September 2016

Info Detil Spesifik

hardcopy dan softcopy

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.