Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

ANALISIS KOMPARATIF LAJU PERTUMBUHAN IKAN BANDENG (Chanos chanos Forskall) PADA TAMBAK SISTEM SILVOFISHERY DAN NON SILVOFISHERY DI DESA WONOKERTO KABUPATEN PEKALONGAN

No image available for this title
Tambak silvofisherymerupakan sistem pertambakan kombinasi konservasi hutan mangrove dan lahan tambak yang prinsipnya melindungi tanaman mangrove dengan menghasilkan komoditas perikanan. Produksi primer perairan di sekitar mangrove cukup penting bagi kesuburan perairan karena mangrove mengangkut unsur hara dan detritus ke perairan pesisir.
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui perbandingan laju pertumbuhan ikan bandeng (Chanos chanos) pada tambak silvofisherydan non silvofisherydi Desa Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 5–26 Oktober 2015 dengan pengambilan sampel di Tambak bandeng Wonokerto Kabupaten Pekalongan dengan metode survey.
Teknik pengambilan sampel dengan metode Simple Random Sampling (acak sederhana), dilakukan secara acak ikan bandeng yang diambil dari 2 pasang tambak, yang terdiri dari 2 sistem tambaksilvofisherydan nonsilvofishery. Nilai SGR ikan bandeng pada tambak silvofisherylebih baik dibandingkan tambak non silvofishery. Rata-rata bobot SGR tambak sistem silvofishery pada hari ke-7 sebesar 0,742, hari ke-14 sebesar 0,799, hari ke-21 sebesar 0,835, dan pada hari ke-28 sebesar 0,868. Sedangkan pada tambak non silvofishery hasil yang diperoleh pada hari ke-7 di dapatkan nilai 0,574, hari ke-14 sebesar 0,594, hari ke-21 sebesar 0,618, dan pada hari ke-28 sebesar 0,643. Kualitas air tambak penelitian baik pada silvofishery dan Non silvofisheryberada pada kisaran normal. Tambak silvofisherymemiliki kualitas air, yaitu: suhu 31,5 ᴼC, kecerahan 22,6 cm, Salinitas 29,6 ‰, pH 7,9, DO 5,1 dan nitrat 3,5 mg/l. Sedangkan pada tambak Non Silvofisherymemiliki kualitas air, yaitu: suhu 30,7 ᴼC, kecerahan 21,8 cm, Salinitas 31,5 ‰, pH 8,4, DO 4,4 dan nitrat 1,8 mg/l.
Kata kunci : Ikan Bandeng (Chanos chanos), Silvofishery, Laju Pertumbuhan
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

639 NAD a

Penerbit

Prodi Budidaya Perairan Fakultas Peikanan Universitas Pekalongan : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

66 + xiv; A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

639

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

Maret 2016

Info Detil Spesifik

hardcopy dan softcopy (CD)

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.