Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

IDENTIFIKASI BAKTERI Salmonella sp. PADA TAMBAK BUDIDAYA IKAN BANDENG (Chanos-chanos) DI DESA DENASRI KABUPATEN BATANG

No image available for this title
Salmonella sp. merupakan salah satu bakteri pathogen yang berperan penting sebagai indicator keamanan pangan bila menginfeksi pada tubuh manusia. Padaumumnya, bakteri Salmonella menyebabkan penyakit pada organ pencernaan. Cemaran bakteri Salmonella sp. juga dapat terjadi apabila intensifikasi usaha manusia di kawasan pesisir dan daratan di sekitarnya yang menyebabkan terjadinya peningkatan kontaminasi limbah Organik, An-organik, limbah industri, limbah rumah tangga maupun limbah-limbah alami seperti misalnya luruhan daun-daun, busukan batang pohon dan sebagainya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya bakteri Salmonella sp. pada air tambak dan daging ikan bandeng (Chanos– chanos). Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 4 – 15 Januari 2016 dengan mengambil sampel air tambak dan daging ikan bandeng (Chanoschanos) pada tiga petak tambak di Desa Denasri Kabupaten Batang.
Sampel dianalisis di Laboratorium Pengujian dan Pengawasan Mutu Hasil Perikanan (LPPMHP) Kota Pekalongan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah bersifat deskriptif adalah penelitian yang bermaksud untuk membuat deskriptif mengenai situasi-situasi atau kejadian-kejadian. Adapun tujuan penelitian deskriptif adalah untuk menggambarkan atau memecahkan masalah secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi.Teknik pengambilan sampel dengan metode Simple Random Sampling dilakukan dengan mengambil air tambak 200 ml/tambak dan ikan bandeng 3 ekor/tambak. Parameter yang diamati adalah Bakteri Salmonella. Hasil uji pada media HE, XLD, dan BSA dari RV dan TTB beberapa sampel air tambak dan daging ikan bandeng dinyatakan positif, dan dilanjutkan dengan uji TSI, LIA dan Biokimia. Pada hasil uji biokimia tidak ditemukannya bakteri Salmonella menunjukkan bahwa pada semua sampel air tambak dan daging ikan bandeng (Chanos-chanos) di 3 tambak negatif/bebas Salmonella dan masih aman untuk dikonsumsi oleh manusia. Kunci: salmonella sp., daging ikan bandeng (Chanos-chanos), air tambak
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

639 MAR i

Penerbit

Prodi Budidaya Perairan Fakultas Peikanan Universitas Pekalongan : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

46 + xi; A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

639

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

Maret 2016

Info Detil Spesifik

hardcopy dan softcopy (CD)

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.