Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

INTEGRITAS : PERAN SARJANA KESEHATAN MASYARAKAT MENCEGAH FRAUD (KECURANGAN) JAMINAN KESEHATAN NASIONAL

Image of INTEGRITAS : PERAN SARJANA KESEHATAN MASYARAKAT MENCEGAH FRAUD (KECURANGAN) JAMINAN KESEHATAN NASIONAL
Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) adalah program jaminan sosial untuk menjamin setiap orang dapat memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan melindungi setiap orang memenuhi kebutuhan dasar kesehatan. Penyelenggaraan JKN dikelola oleh badan penyelenggara pelayanan Kesehatan (BPJS). Guna mendukung operasionalisasinya, BPJS merekrut banyak tenaga baru salah satunya dari profesi Sarjana Kesehatan Masyarakat yang ditempatkan pada manajemen pelayanan, manajemen kepesertaan dan verifikator. Posisi tersebut terdapat celah untuk dilakukannya kecurangan (fraud). Dana JKN tahun 2014 sebesar 30 triliun dan yang berpotensi diselewengkan mencapai 2-10%, artinya dana enam ratus miliar akan hilang pertahunnya.
Profesi S.K.M sebagai tenaga yang turut mengelola JKN di BPJS dapat berperan mencegah Fraud dengan bekrja secara profesional berlandaskan prinsip intergritas yang tinggi. Integritas bersih, jujur, tulus terhadap sesama manusia dan Tuhan Yang Maha Esa. Praktek fraud identik dengan korupsi, fraud timbul karena keserakahan manusia, faktor kebutuhan, faktor kesempatan dan pengaruh lingkungan. Seorang S.K.M memiliki dasar integritas yang baik, meskipun berada dalam lingkungan yang mendukung terjadinya kecurangan, kecil kemungkinan akan terperngaruh. Faktor need (kebutuhan) terhadap materi pun tidak akan cukup kuat mendorong S.K.M. yang berintegritas untuk melakukan tindakan kecurangan. Dimensi lain integritas yaitu keyakinan terhadap Tuhan YME yang menguatkan bahwa kejujuran merupakan nilai absolut yang akan dipertanggungjawabkan kepada Tuhan. Sehingga faktor need tidak cukup mampu menjadi alasan seorang S.K.M dengan integritas yang tinggi akan berbuat curang.
Mencegah fraud dengan menanamkan nilai-nilai integritas sebaiknya terintegrasi dengan sistem pendidikan Kesehatan Masyarakat, menanamkan nilai integritas sebagai budaya organisasi dan menjadikan nilain integritas sebagai “kebutuhan” manusia terhadap nilai keluhuran dan kejujuran sebagai wujud spiritualitas dan religiusitas
Kata Kunci : integritas, fraud, jaminan kesehatan nasional.
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

614. Yun. i

Penerbit

Unikal Press : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

978-602-6779-16-8

Klasifikasi

614

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

prosiding Seminar nasional Kesehatan Masyarakat 16

Subyek

-

Info Detil Spesifik

Hardcover, iv, 109,A4

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.