Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

PERAN POLRI DALAM PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PELANGGARAN HAK CIPTA (PEMBAJAKAN CD/VCD) DI WILAYAH HUKUM POLRES BATANG

Image of PERAN POLRI DALAM PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PELANGGARAN HAK CIPTA (PEMBAJAKAN CD/VCD) DI WILAYAH HUKUM POLRES BATANG
ABSTRAK
Penelitian ini adalah tentang peran Polri dalam penanggulangan tindak pidana pelanggaran hak cipta (pembajakan CD/VCD) di wilayah hukum Polres Batang. Mengingat semakin pesatnya perkembangan pembajakan CD/VCD di Kabupaten Batang karena didorong oleh berbagai faktor, seperti tekanan ekonomi, sosial budaya dan sebagainya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran Polri dalam penanggulangan tindak pidana pelanggaran hak cipta pembajakan CD/VCD, dan mengetahui kendala-kendala yang dihadapi Kepolisian dalam penanggulangan pembajakan CD/VCD di wilayah hukum Polres Batang Batang dan bagaimana solusinya. Manfaat teoritis dari penelitian ini adalah untuk memberikan kontribusi pada kalangan akademisi dan praktisi, penambahan informasi dan pengetahuan hukum umumnya serta sumbangan pemikiran bagi pengembangan hak kekayaan intelektual khususnya mengenai masalah pelanggaran hak cipta. Sedangkan manfaat praktisnya adalah dapat memberikan masukan bagi pemerintah khususnya dan lembaga terkait dalam upaya menanggulangi pelanggaran hak cipta.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analitif. Desktiptif berarti menggambarkan peraturan perundang – undangan atau ketetapan – ketetapan. Analisis berarti menitik beratkan pada fakta – fakta tentang penanggulangan tindak pidana pelanggaran hak cipta (pembajakan CD/VCD). Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan data primer dilakukan dengan cara observasi dan wawancara, dan untuk memperoleh data sekunder digunakan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Data disajikan dalam bentuk narasi yang memungkinkan kesimpulan penelitian dapat dilakukan.
Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa berkembangnya pembajakan CD/VCD di kabupaten Batang tidak lepas dari peran masyarakat itu sendiri yang lebih memilih produk bajakan dibanding dengan yang asli. Karena terpaut harga yang sangat banyak. Upaya yang dilakukan kepolisian dalam menanggulangi pelanggaran hak cipta pembajakan CD/VCD selama ini di kabupaten batang adalah dengan mengadakan Operasi/razia terhadap para penjual/produsen kaset bajakan, bekerjasama dengan Satpol PP dan instansi pemerintah kabupaten Batang. Upaya ini merupakan razia untuk memberikan peringatan dan sanksi kepada para penjual kaset bajakan yang berhasil ditangkap. Kendala yang dihadapi adalah kurangnya efek jera terhadap sanksi yang diberikan kepada pelaku, masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk membeli kaset Cd/VCD yang asli.
Penulis menyarankan yang sebaiknya dilakukan adalah operasi yang berkelanjutan secara terus menerus dan memberikan sanksi tegas terhadap para produsen/pembajak, pemilik rental, serta terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk menanamkan kesadaran untuk lebih memilih produk asli daripada bajakan.
ABSTRACT
This research is about the role of the police in crime prevention of copyright infringement (the piracy of CD / VCD) in the jurisdiction of Batang Police Department. Given the rapid development of piracy CD / VCD in Batang driven by various factors, such as economic pressures, social, cultural and etc.
The purpose of this study was to determine the role of the police in crime the prevention copyright infringement piracy of CD / VCD, know the constraints faced by the police in the prevention of piracy CD / VCD in the jurisdiction of Batang Police Department and how the solution. Theoretical benefits of this research is to contribute to academics and practitioners, the addition of information and knowledge of law generally, and contribute ideas for the development of intellectual property rights in particular on the issue of copyright infringement. The practical benefits is to provide input to the government in particular and institutions in an effort to tackle copyright infringement.
The method used is descriptive method analitif. Descriptive means describing regulations or statutes. The analysis focuses on significant facts about crime prevention of copyright infringement (piracyof CD / VCD). Data collection techniques used to obtain primary data by observation and interviews, and secondary data is used to obtain the study of literature. The data analysis technique used is the qualitative data analysis techniques.
The results of this study indicate that the growing piracy CD / VCD in Batang irrespective of the people themselves who prefer pirated products than the original. Efforts by the police in tackling copyright infringement piracy of CD / VCD is conducting Operation against the sellers / producers of pirated tapes, in cooperation with district government agencies Trunk. This effort is to provide a raid warnings and sanctions against the sellers of pirated tapes. Constraints faced is the lack of deterrent effect of the sanction given to the perpetrator, is still a lack of awareness of the public to buy the CD / VCD cassette original.The authors suggest that surgery should be done is sustained continuously and give sanction to the producers, rental owners, and continued outreach to the community to instill awareness to prefer the original than pirated products.
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

340 LAK p

Penerbit

Prodi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Pekalongan : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

54+ix;A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

340

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

Maret 2013

Subyek

-

Info Detil Spesifik

Hard Copy dan Soft Copy

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.