Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK DENGAN DOSIS YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN BENIH IKAN BANDENG (Chanos chanos Forskal)

Image of PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK DENGAN DOSIS YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN BENIH IKAN BANDENG (Chanos chanos Forskal)
Ikan bandeng merupakan salah satu komoditas yang bernilai ekonomis tinggi karena sangat berarti dalam pemenuhan gizi pangan masyarakat serta dapat meningkatkan taraf hidup. Di samping itu prospek pengembangan budidaya ikan bandeng yang cukup cerah kini telah memacu kegiatan budidaya bandeng pada perairan laut dan payau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberian probiotik bonggol pisang dengan dosis yang berbeda melalui pakan buatan terhadap pertumbuhan benih ikan bandeng (Chanos chanos Forskal). Penelitian dilakukan berdasarkan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan dengan dosis yang berbeda yaitu dosis 3 cc/kg pakan, dosis 6 cc/kg pakan, dosis 9 cc/kg pakan dan dosis 12 cc/kg pakan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 23 Mei 2015 hingga 21 Juni 2015, bertempat di Laboraturium Air Payau Fakultas Perikanan Universitas Pekalongan, Slamaran.
Parameter yang diamati adalah pertumbuhan, kelangsungan hidup dan kualitas air. Untuk mengetahui pengaruh pemberian probiotik dengan dosis yang berbeda dilakukan dengan analisis ragam berdasarkan uji F sedangkan kelangsungan hidup benih ikan bandeng dan kualitas air dianalisa secara deskritif. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata pertambahan bobot biomassa benih ikan bandeng tertinggi diperoleh pada perlakuan pemberian dosis probiotik 12 cc/kg pakan yaitu rerata pertambahan biomassa 14,75 gram. Sedangkan perlakuan pemberian dosis probiotik terendah pada dosis 3 cc/kg pakan yaitu 10,00 gram. Hasil analisis ragam terhadap pertumbuhan biomassa benih ikan bandeng diketahui bahwa nilai F hitung (48,1**) lebih besar dari F tabel 1% (7,59) dan 5% (4,07). Respon pertumbuhan terhadap tingkat perbedaan pemberian dosis probiotik berbentuk linear dan tingkat kelangsungan hidup benih ikan bandeng 100%. Kisaran kualitas air selama penelitian masih layak untuk menunjang pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih ikan bandeng, yaitu suhu bekisar 26-31°C, pH air bekisar antara 6,5-7,5, kandungan oksigen terlarut bekisar antara 3,5-5,6 ppm dan salinitas bekisar 8-12 ppt.
Kata kunci : Ikan Bandeng, Probiotik, Pertumbuhan, Kualitas Air
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

639 SEP p

Penerbit

Prodi Budidaya Perairan Fakultas Peikanan Universitas Pekalongan : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

42 + xiii; A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

639

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

September 2015

Info Detil Spesifik

hardcopy dan softcopy (CD)

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.