Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

Faktor - Faktor yang Berhubungan dengan Kemandirian Lansia di Desa Klunjukan Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan

Image of Faktor - Faktor yang Berhubungan dengan Kemandirian Lansia di Desa Klunjukan Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan
Fakultas Ilmu Kesehatan Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Pekalongan
2013
ABSTRAK
Nur Akhmad Zaenudin Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kemandirian Lansia di Desa Klnjunjukan Kecamtan Sragi Kabupaten Pekalongan x + 6 Bab + 58 Halaman + 10 tabel + 1 bagan + 6 lampiran Lansia merupakan kelompok penduduk yang secara ekonomi sangat tidak aman. Ketika manusia semakin tua, mereka cenderung untuk mengalami masalahmasalah kesehatan. Kondisi fisik dan kondisi kesehatan lansia berpengaruh pada kemandirian lansia. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan, pada tahun 2011 jumlah lansia usia lebih dari 60 tahun ke atas mencapai 3.512 terdiri 39,5% penyakit hipertensi, 2,66% Diabetes Mellitus (DM) dan 10,4% anemia. Tujun penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang hubungan dengan kemandirian pada lansia di Desa Klunjukan Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan total sampling. Sampel penelitian adalah lansia usia 60 tahun ke atas di Desa Klunjukan Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan sebanyak 99 orang. Instrumen penelitian adalah kuesioner. Analisa data menggunakan uji chi square.
Hasil penelitian diketahui ada hubungan antara status kesehatan ( value 0,000), kondisi sosial ekonomi ( value 0,014) dan dukungan keluarga ( value 0,000,)
dengan kemandirian lansia di Desa Klunjukan Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan. Tenaga kesehatan disarankan untuk berkerja sama dengan kader kesehatan untuk meningkatkan kegiatan posyandu lansia untuk meningkatkan derajat kesehatan lansia menjadi lebih baik. Kata kunci : Faktor-faktor, Kemandirian, Lansia Kepustakaan : 23 buku (1998-2010)
Ketersediaan
FKM01303131614 ZAE fTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

614 ZAE f

Penerbit

Prodi Kesehatan Masyarakat FIK Universitas Pekalongan : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

61+xiii;A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

614

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

Maret 2013

Info Detil Spesifik

Hard Copy dan Soft Copy (CD)

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.