Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

ANALISIS PENGARUH INFLASI DAN KURS TERHADAP REDENOMINASI

Image of ANALISIS PENGARUH INFLASI DAN KURS TERHADAP REDENOMINASI
“ANALISIS PENGARUH INFLASI DAN KURS TERHADAP REDENOMINASI”
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Inflasi dan Kurs secara parsial terhadap Redenominasi pada Negara-negara yang telah melakukan Redenominasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara tidak langsung, yaitu pengumpulan data menggunakan informasi yang telah tersedia secara terbatas di situs bank dunia (http://data.worldbank.org/) dan beberapa pencarian lainya lewat internet. Pengmbilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu sampling dimana pengambilan elemen-elemen yang dimaksudkan dalam sampel dilakukan dengan sengaja, dengan catatan bahwa sampel tersebut representatif atau mewakili populasi yang ada. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang berasal dari data bank dunia (InflasidanKurs) danpenelitianterdahulu (Redenominasi).
Untuk menganalisis data hasil penelitian digunakan analisis Goodness of fit dan uji beda (uji t) dengan menggunakan perangkat aplikasi SPSS 22. Untuk mengetahui pengaruh Inflasi dan Kurs terhadap Redenominasi pada Negara-negara yang telahmelakukanRedenominasidengan jumlah sampel 25 Negara. Sebelum dilakukan analisis Goodness of fitdanujibeda (uji t), dilakukan uji asumsi klasik terhadap variabel-variabel hasil penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya penyimpangan asumsi-asumsi klasik atau memenuhi persyaratan asumsi klasik yang harus dipenuhi, yaitu memenuhi kenormalan suatu penelitian melalui uji Normalitasserta terhindar dari heteroskedastisitas, multikolinieritas, dan autokorelasi pada masing-masing pengujian yang dilakukan.
Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis diperoleh hasil, bahwa: Inflasi berpengaruh signifikan terhadap Redenominasi, Kurs tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Redenominasi. Redenominasi (Y) hanya mampu berkontribusi sekitar 24,7 % terhadap perubahan yg terjadi pada Variabel Inflasi (X1) dan Kurs (X2). Sedangkan sisanya sebesar 75,3 % dapat dikontribusikan untuk variabel lain yang tidak diteliti, seperti: Tingkat suku bunga, Ekspor-Impor, kesalahan persepsi sanering, money illution, waktu implementasi kebijakan, dan faktor fundamental prekonomian suatu negara, dll.
Kata Kunci: Inflasi, Kurs, Redenominasi.
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pekalongan : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

81+xiv;A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

501

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

September 2014

Info Detil Spesifik

Hard Copy dan Soft Copy (CD)

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.