Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN PADA PT. DIAN INSAN CIPTA PEKALONGAN STRATEGI PEMASARAN PADA PT. DIAN INSAN CIPTA PEKALONGAN

Image of ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN PADA PT. DIAN INSAN CIPTA PEKALONGAN
STRATEGI PEMASARAN PADA PT. DIAN
INSAN CIPTA PEKALONGAN
Penelitian yang berjudul “Analisis SWOT Sebagai Dasar Perumusan Strategi Pemasaran” ini dilakukan pada Borobudur Cinema sebagai unit usaha tunggal dari PT. Dian Insan Cipta Pekalongan. Variabel penelitian terdiri atas variabel internal perusahaan yang dirumuskan dalam “kekuatan bisnis” dan variabel eksternal yang dirumuskan dalam “daya tarik industri”. Indikator dari kekuatan bisnis meliputi : pangsa pasar, variasi produk film, harga produk (tiket), lokasi perusahaan, kualitas produk film, efektivitas promosi, dan kualitas pelayanan. Sedangkan variabel daya tarik industri diwakili oleh indikator : daya beli konsumen, regulasi pemerintah daerah, perubahan teknologi, struktur persaingan, pertumbuhan pasar, psikografi penduduk, dan lingkungan industri/persaingan.
Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan penyebaran kuesioner yang ditujukan kepada unsur pimpinan dan perwakilan karyawan PT. Dian Insan Cipta sebagai respondennya. Jumlah responden sebanyak 9 orang, terdiri atas unsur pimpinan sebanyak 4 orang dan wakil karyawan sebanyak 5 orang. Teknik analisis diawali dengan analisis SWOT untuk mengidentifikasi faktor kunci internal dan eksternal, kemudian dilanjutkan dengan pemetaan kedalam “Matriks daya Tarik Industri (MDTI)”.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi strategis perusahaan berada pada kuadran dimana kekuatan bisnis berada dalam kategori tinggi, dan demikian juga daya tarik industri berada pada kategori tinggi. Posisi tersebut menunjukkan bahwa perusahaan berada pada posisi “investasi dan tumbuh”, dengan alternatif strategi pemasaran yang tepat adalah “strategi pertumbuhan dominasi dan strategi investasi maksimum”. Alternatif strategi pemasaran yang bisa dikembangkan secara lebih rinci adalah sebagai berikut :
1. Strategi pertumbuhan dominasi dilakukan dengan cara :
a. Mengembangkan pasar secara keseluruhan, yang bisa dilakukan melalui “pembukaan pasar didaerah/lokasi lain, dan mencari konsumen baru”
b. Mempertahankan pangsa pasar yang ada dengan menambah jam tayang.
2. Strategi investasi maksimum, yang bisa dilakukan dengan cara :
a. Menambah gedung cinema
b. Menambah layanan eksklusif untuk kelas VIP dengan harga tiket lebih mahal
Kata Kunci : Analisis SWOT, Kekuatan bisnis, daya tarik industri, strategi
investasi dan tumbuh.
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pekalongan : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

66+xvi;A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

501

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

September 2014

Info Detil Spesifik

Hard Copy dan Soft Copy (CD)

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.