Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

ANALISIS PENGARUH INFLASI, NILAI TUKAR (KURS) DOLLAR AS DAN SUKU BUNGA SBI TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN YANG TERGABUNG DALAM JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII)

Image of ANALISIS PENGARUH INFLASI, NILAI TUKAR (KURS) DOLLAR AS DAN SUKU BUNGA SBI TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN YANG TERGABUNG DALAM JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII)
ANALISIS PENGARUH INFLASI, NILAI TUKAR (KURS) DOLLAR AS DAN SUKU BUNGA SBI TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN YANG TERGABUNG DALAM JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII)
Return saham adalah keuntungan yang diperoleh dari kepemilikan saham investor atas investasi yang dilakukannya, yang terdiri dari dividen dan capital gain/loss. Return dapat berupa return realisasi yang sudah terjadi atau return ekspektasi yang belum terjadi tetapi yang diharapkan akan terjadi di masa mendatang. Jakarta Islamic Index (JII) merupakan salah satu indeks saham yang ada di Indonesia yang menghitung indeks harga rata-rata saham untuk jenis saham-saham yang memenuhi kriteria syariah. Pembentukan Jakarta Islamic Index tidak lepas dari kerja sama antara pasar modal dengan PT. Danareksa Invesment Management. Kondisi makro ekonomi sering kali menyebabkan sentiment pasar dan gejolak pada Jakarta Islamic Index (JII), sentivitasi perubahan makro ekonomi menjadi tema yang menarik untuk mendapat perhatian. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Inflasi, Nilai Tukar (Kurs) Dollar AS dan Suku Bunga SBI Terhadap Return Saham Perusahaan Yang Tergabung Dalam Jakarta Islamic Index (JII), dengan periode pengamatan awal bulan Desember sampai akhir bulan Desember 2009 - 2012.
Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang bersifat kuantitatif yang dipeoleh dari data return saham dihitung berdasarkan harga saham penutupan (closing price) pada bulan Desember dari awal sampai dengan akhir bulan Desember periode 2009 hingga 2012 sebagai variabel dependen dan variabel independen yaitu Inflasi, Nilai Tukar (Kurs) Dollar AS dan Suku Bunga SBI. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang sebelumnya telah melewati tahap uji asumsi klasik. Selain itu dilakukan juga uji koefisien determinasi serta pengujian hipotesis dengan Uji statistik simultan (Uji F) dan Uji statistik parsial (Uji t). Pengolahan data tersebut dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS 20.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan secara uji statistik simultan (Uji F) dan parsial (Uji t) bahwa Inflasi, Nilai Tukar (Kurs) Dollar AS dan Suku Bunga SBI tidak berpengaruh terhadap Return Saham Perusahaan tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII). Hasil koefesien determinasi menunjukkan bahwa R Square = 0,102 menunjukkan bahwa Return Saham dapat dijelaskan oleh Inflasi, Nilai Tukar dan Suku Bunga SBI sebesar 10,2% dan sisanya sebesar 89,8% dipengaruhi oleh variabel yang lain diluar model penelitian ini seperti: harga minyak dunia, harga emas, pertumbuhan PDB dan lainnya. Hal ini terlihat dari persamaan uji regresi linier berganda yaitu Y = -0,557 - 0,002 X1 + 8,304E-006 X2 + 0,083X3.
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pekalongan : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

102+xvii;A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

501

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

September 2014

Info Detil Spesifik

Hard Copy dan Soft Copy (CD)

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.