Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

STUDI ANGKA KUMAN PADA AIR MINUM DEPOT DI KECAMATAN BATANG KABUPATEN BATANG

Image of STUDI ANGKA KUMAN PADA AIR MINUM DEPOT 
DI  KECAMATAN BATANG KABUPATEN BATANG

Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pekalongan

ABSTRAK
SLAMET DODOK APRIYANTO (08.0262.F) STUDI ANGKA KUMAN PADA AIR MINUM DEPOT DI KECAMATAN BATANG KABUPATEN BATANG 76 halaman + 10 tabel + 2 gambar+7 lampiran

Air memegang peranan penting bagi kehidupan manusia, hewan, tumbuhan dan lain sebagainya. Air yang kita perlukan adalah air yang memenuhi persyaratan kesehatan baik persyaratan fisik, kimia, bakteriologis dan radioaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui angka kuman pada air minum depot di Kecamatan Batang Kabupaten Batang.
Penelitian ini adalah penelitian analisis, untuk mengetahui kualitas air depot di Kecamatan Batang Kabupaten Batang. dengan menggunakan pendekatan cros sectional, jumlah sampel yang diambil sebanyak 12 Depot Air Minum. Penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara serta sampel air yang akan di uji E coli di Laboratorium Kesehatan daerah Kabupaten Batang. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan Chi Square untuk mencari Odd Ratio .
Hasil penelitian menunjukkan tidak bisa dilakukan uji statistic pada variabel teknologi pengolahan air tidak dapat dilakukan uji statistic, karena semua sampel tidak terdapat E coli. Ada hubungan antara kebersihan tandon (p=0,045), cara membersihkan galon (p=0,045), kebersihan galon (p=0,028), ruang pengisian (p=0,10), petugas isi ulang (p=0,045) dan perawatan alat (p=0,015) dan tidak ada hubungan antara sumber air baku (p=0,083) dengan jumlah angka kuman pada Depot Air Minum Kecamatan Batang Kabupaten upaten Batang.
Melakukan training tata cara pengolahan air minum sebagai syarat perizinan pembuka depot air minum. Pemilik depot hendaknya selalu melakukan perawatan secara rutin melakukan penggantian peralatan yang sudah tidak berfungsi serta menjaga kebersihan dari mesin/peralatan.

Kata kunci : Depot Air Minum, Jumlah Angka Kuman, Kecamatan Batang
Daftar pustaka : 37, (1992-2012)
ix
Ketersediaan
FKM01903131614 APR sTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

614 APR s

Penerbit

Prodi Kesehatan Masyarakat FIK Universitas Pekalongan : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

77+xvi;A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

614

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

Maret 2013

Info Detil Spesifik

Hard Copy dan Soft Copy (CD)

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.