Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

Efektivitas Pendekatan open-ended terhadap Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI Materi Fungsi Invers dan Fungsi Komposisi (Studi Eksperimen di SMA Negeri 4 Pekalongan)

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Membandingkan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan open-ended lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan pendekatan ekspositori. (2) Menguji ketuntasan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi fungsi invers dan fungsi komposisi dengan pendekatan open-ended (3) Ada pengaruh positif sikap bebas dan sikap terbuka siswa pada pembelajaran dengan pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 4 Pekalongan yang terdiri dari 6 kelas. Dengan teknik cluster random sampling terpilih 3 kelas yaitu XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen, XI IPA 2 sebagai kelas kontrol, dan XI IPA 3 sebagai kelas uji coba. Variabel penelitiannya adalah kemampuan berpikir kreatif, sikap bebas, dan sikap terbuka siswa. Untuk memperoleh data menggunakan data kemampuan berpikir kreatif, sikap bebas, dan sikap terbuka. Data diolah dengan menggunakan uji ketuntasan, uji banding dua rata-rata, dan uji regresi linear ganda.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) Rata-rata kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen 79,50 secara statistik lebih baik daripada rata-rata kemampuan berpikir kreatif kelas kontrol 76,70; (2) Rata-rata kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen 79,50 secara statistik memenuhi KKM yang ditetapkan yaitu 75 sehingga dapat dikatakan mencapai ketuntasan; (3) Terdapat pengaruh positif antara sikap bebas dan sikap terbuka siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dengan persamaan Y ̂=58,18+0,177X_1+〖0,11X〗_2 sebesar 0,83. Berdasarkan ketiga hasil tersebut disimpulkan bahwa: (1) Rata-rata kemampuan berpikir kreatif yang diajar dengan menggunakan pendekatan open-ended lebih baik daripada rata-rata kemampuan berpikir kreatif yang diajar dengan pendekatan ekspositori; (2) Rata-rata kemampuan berpikir kreatif yang diajar dengan pendekatan open-ended dapat mencapai ketuntasan; (3) Ada pengaruh positif antara sikap bebas dan sikap terbuka siswa pada pembelajaran dengan pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa
Kata Kunci: Efektivitas, Pendekatan Open-ended, Berpikir Kreatif.
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

Prodi Pend. Matematika FKIP Universitas Pekalongan : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

253;xviii;A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

370

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

April 2014

Info Detil Spesifik

Softcopy dan Hardcopy

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.