Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TGT BERBANTUAN ALAT PERAGA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII

Image of EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TGT BERBANTUAN ALAT PERAGA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menguji kentutasan prestasi belajar siswa kelas VIII materi kubus dan balok dengan model pembelajaran TGT berbantuan alat peraga. 2) membandingkan prestasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran TGT berbantuan alat peraga dengan prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori tanpa alat peraga.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Rifa’iyah Kesesi yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Hasilnya terpilih kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang dikenai model pembelajaran TGT berbantuan alat peraga dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol yang dikenai model pembelajaran Ekspositori. Variabel penelitian adalah Prestasi Belajar Matematika siswa kelas VIII materi kubus dan balok.
Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes. Data penelitian dianalisis menggunakan uji ketuntasan dan uji banding.
Hasil penelitian pada perhitungan uji beda diperoleh zhitung = 4,49 dan ttabel = 1,64. Jelas bahwa thitung > ttabel, maka Ho ditolak yang berarti ada perbedaan rata-rata prestasi belajar yakni rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran TGT berbantuan alat peraga lebih baik dari rata-rata prestasi belajar kelas kontrol yang diajar dengan model pembelajaran Ekspositori. Pada uji ketuntasan prestasi belajar dengan uji proporsi diperoleh Ztabel = Z0,45 = 1,64. Karena nilai z_hitung = 2,278 dan nilai z_tabel = 1,64, hal ini berarti nilai zhitung > ztabel maka H0 ditolak dan karena H1 diterima berarti hasil belajar siswa dengan model pembelajaran TGT berbantuan alat peraga, proporsi siswa yang mendapat nilai >70 lebih dari 75%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT berbantuan alat peraga dapat menuntaskan prestasi belajar matematika.
Kata kunci:Model Pembelajaran TGT, AlatPeraga, LKS, PrestasiBelajar.
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

Prodi Pend. Matematika FKIP Universitas Pekalongan : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

149;xiii;A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

630

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

April 2014

Info Detil Spesifik

Softcopy dan Hardcopy

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.