Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

KONFLIK KEJIWAAN TOKOH JOKO DALAM NOVEL DARI JENDELA SMP KARYA MIRA WIJAYA (PENDEKATAN PSIKOLOGI SASTRA)

No image available for this title
Pada dasarnya setiap manusia mempunyai masing-masing sifat untuk membedakan satu dengan yang lainnya. Sifat merupakan salah satu wujud dari kepribadian seseorang yang digunakan dalam menonjolkan segi pencitraannya. Beragam sifat yang dimiliki oleh manusia tidak menutup kemungkinan terjadinya perselisihan/konflik dalam berinteraksi. Konflik yang disebabkan oleh adanya pertentangan saat berinteraksi dan menimbulkan tekanan batin karena penetrasi terlalu berlebihan akan berdampak pada kejiwaannya, maka dalam hal ini seseorang yang mengalami tekanan dalam hal kejiwaannya sering disebut dengan konflik kejiwaan.
Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsi konflik kejiwaan dalam kepribadian tokoh Joko yang terungkap dalam novel Dari Jendela SMP dan mengidentifikasi permasalahan yang melatarbelakangi tindakan-tindakan yang dilakukan tokoh Joko dalam novel Dari Jendela SMP.
Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif ini menggambarkan, mendeskriptifkan data secara kualitatif, yaitu menggunakan kata-kata. Metode deskriptif digunakan karena data-data penelitian berupa data-data kualitatif dan menjelaskan secara deskriptif.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bermacam-macam konflik kejiwaan. Tokoh utama dalam novel ini antara lain Joko, yang membutuhkan waktu lama dalam penceritaannya. Tokoh utama adalah tokoh yang diceritakan oleh pengarang dari awal cerita.
Peneliti mengharapkan agar penelitian berikutnya mengenai konflik kejiwaan perlu dilakukan dengan lebih kompleks dan mendalam karena masih banyak hal-hal yang lebih menarik untuk diteliti. Temuan hasil penelitian konflik kejiwaan ini dapat ditindaklanjuti dengan penelitian yang sama dalam skala lebih besar. Permasalahan yang berkaitan dengan psikologi sastra masih banyak yang belum dikaji dan perlu pertimbangan kembali agar penelitian selanjutnya dapat mengkaji permasalah yang serupa dengan penelitian ini.
Kata kunci : konflik kejiwaan, novel, dan psikologi sastra
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

66;x;A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

370

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

April 2014

Info Detil Spesifik

Softcopy dan Hardcopy

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.