Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah dengan Metode Inquiri pada Peserta Didik Kelas XI IPA I Semester Ganjil SMA Negeri 4 Pekalongan

No image available for this title
Keterampilan menulis memiliki beberapa kompetensi. Dalam penelitian ini
difokuskan pada kompetensi peserta didik dalam menulis karya ilmiah untuk
berbagai kegiatan dengan sistematika penulisan karya ilmiah secara efektif.
Berdasarkan pengamatan peneliti dan wawancara dengan guru mata pelajaran
bahasa Indonesia, diketahui bahwa pada peserta didik kelas XI IPA I SMA Negeri
4 Kota Pekalongan masih rendah dalam menulis karya ilmiah. Hal tersebut
terbukti pada nilai siswa yang mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)
hanya 18,75% atau 6 siswa. Kemudian siswa yang tidak mencapai KKM
sebanyak 81,25% atau 26 siswa. Dari keterangan tersebut, dikatakan bahwa nilai
rata-rata menulis karya ilmiah pada peserta didik kelas XI IPA I adalah 59,7.
Sedangkan KKM mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 4 Kota
Pekalongan adalah 71,00. Dengan demikian nilai rata-rata kelas XI IPA I dalam
menulis karya ilmiah belum mencapai KKM.
Hal tersebut dikarenakan siswa kelas XI IPA I SMA Negeri 4 Kota
Pekalongan masih kesulitan dalam menulis karya ilmiah. Kesulitan tersebut
terdapat pada keefektifan kalimat. Penggunaan teori dan metode dan ketepatan
dalam analisis data. Siswa juga mengantuk dan mengobrol. Faktor lain yang
menyebabkan keterampilan menulis karya ilmiah mereka masih rendah adalah
rasa percaya diri yang kurang. Sementara itu, Guru belum menggunakan model
pembelajaran yang inovatif. Pembelajaran masih bersifat ceramah dan menulis.
Sehingga membuat siswa bosan. Untuk itu diperkenalkan metode inquiri. Metode
inquiri ini adalah metode pembelajaran yang menyenangkan dan mampu
meningkatkan prestasi belajar siswa.
Berdasarkan latar belakang tersebut, permasalahan yang dikaji dalam
penelitian yaitu, 1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis karya ilmiah
menggunakan metode inquiri pada peserta didik kelas XI IPA 1 semester ganjil
SMA Negeri 4 Pekalongan?, dan 2) bagaimanakah perubahan perilaku peserta
didik kelas XI IPA 1 semester ganjil SMA Negeri 4 Pekalongan dalam
menanggapi penulisan karya ilmiah melalui metode inquiri?. Tujuan penelitian
ini, yaitu 1) mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis menanggapi
penulisan karya ilmiah melalui metode inquiri pada peserta didik kelas XI IPA 1
semester ganjil SMA Negeri 4 Pekalongan, dan 2) mendeskripsi perubahan
perilaku peserta didik kelas XI IPA 1 semester ganjil SMA Negeri 4 Pekalongan
setelah menggunakan metode inquiri.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri
atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peningkatan keterampilan menulis
karya ilmiah peserta didik kelas XI IPA I SMA Negeri 4 Kota Pekalongan. Tiap
siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan data yang
digunakan berupa observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Analisis
data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif.
Berdasarkan analisis data penelitian keterampilan menulis karya ilmiah
dengan menggunakan metode inquiri, siklus I, dan siklus II menunjukkan
peningkatan nilai rata-rata kelas. Keterampilan menulis karya ilmiah peserta didik
pada siklus II meningkat sebesar 10 atau 14,08% dari siklus I. Rata-rata skor kelas
pada tes siklus I mencapai 71, sedangkan rata-rata skor kelas pada tes siklus II
mencapai 81 dan sudah memenuhi target penilaian yang ditentukan karena
termasuk dalam kategori baik. Selain itu, berdasarkan hasil nontes perubahan
perilaku siswa ke arah positif. Siswa lebih bersemangat, antusias dan senang
mengikuti pembelajaran menulis karya ilmiah dengan menggunakan metode
inquiri.
Peneliti menyarankan kepada guru saat menjelaskan dan penggunaan
metode inquiri dalam menulis karya ilmiah ini dilakukan secara sistematis sesuai
dengan tahap-tahap yang ada. Setelah penelitian ini, kepada peneliti lain supaya
dilakukan penelitian lebih lanjut untuk lebih memperhatikan metode pembelajaran
yang inovatif. Salah satunya, yaitu metode inquiri. Hal yang perlu diperhatikan
adalah kelemahan-kelemahan pada aspek penilaian dari hasil penelitian.
Kata kunci: keterampilan menulis, karya ilmiah, metode inquiri
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

108;xix;A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

370

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

April 2014

Info Detil Spesifik

Softcopy dan Hardcopy

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.