Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

Penerapan Metode Pengaliran Imaji (Image Streaming) Berbantuan Lingkungan Sekitaruntuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Peserta Didik Kelas VIII SMP N Satu Atap Bantar Kulon Lebakbarang

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi pada peserta didik kelas VIII SMP N Satu Atap Bantar Kulon Lebakbarang metode pengaliran (image streaming) berbantuan lingkungan sekitar. Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya permasalahan dalam menulis puisi. Kemampuan menulis puisi pada peserta didik kelas VIII SMP N Satu Atap Bantar Kulon Lebakbarang masih rendah dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditentukan pihak sekolah yaitu sebesar 70.
Sasaran tindakan pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP N Satu Atap Bantar Kulon Lebakbarang tahun pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan tindakan kelas terbagi dalam dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Pada siklus I pembelajaran dilakukan sebanyak dua kali pertemuan dengan penerapan metode pengaliran imaji (image streaming) berbantuan lingkungan sekitar. Pada siklus II dilakukan dua kali pertemuan, pertemuan pada siklus II merupakan tindak lanjut dari hasil tindakan siklus I. Pada siklus II lebih menekankan pada aspek-aspek yang hasilnya belum optimal. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel keterampilan menulis puisi dan variabel penerapan metode pengaliran imaji (image streaming) berbantuan lingkungan sekitar. Indikator kerja penelitian ini yaitu indikator kuantitatif dan indikator kualitatif. Instrumen penelitian ini terbagi dari instrumen tes yang berupa tes formatif menulis puisi dan instrumen non tes yakni pedoman observasi, jurnal guru/ peserta didik, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, teknik observasi, teknik jurnal guru/peserta didik, dan teknik dokumentasi. Analisis data dengan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dengan penerapanmetode pengaliran imaji (image streaming) berbantuan lingkungan sekitar. Nilai rata-rata prasiklus 55 dengan presentase ketuntasan belajar 21%. Pada siklus I rata-rata 71 dengan presentase ketuntasan belajar 64% meningkat 43% dari prasiklus. Nilai rata-rata siklus II 77 dengan presentase ketuntasan belajar 86% mengalami peningkatan 22% dari siklus I. Dengan metode pengaliran imaji dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi
Kata kunci: Metode Pengaliran Imaji (Image Streaming), Lingkungan, Puisi, Keterampilan Menulis, Peserta Didik.
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

183;xx;A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

370

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

April 2014

Info Detil Spesifik

Softcopy dan Hardcopy

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.