Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NOVEL MELALUI TEKNIK LOCI PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 SRAGI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Image of PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NOVEL MELALUI TEKNIK LOCI PADA SISWA KELAS VIII A SMP
NEGERI 2 SRAGI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Membaca novel merupakan membaca pemahaman karena penekanannya
diarahkan pada kemampuan memahami dan menguasai isi bacaan. Sesuai
Kompetensi Dasar “Memahami buku novel remaja” siswa diarahkan untuk dapat
meningkatkan pemahaman membaca. Namun kenyataannya pembelajaran
membaca novel pada siswa SMP Negeri 2 Sragi menunjukkan hasil yang kurang
memuaskan (masih kurang). Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang
mempengaruhi, di antaranya yaitu faktor teknik yang digunakan guru dalam
pembelajaran membaca dan dari faktor siswa. Faktor yang paling berpengaruh dan
harus dicari jalan keluarnya adalah faktor teknik pembelajaran yang digunakan
guru dalam pembelajaran. Selama ini, teknik yang digunakan guru masih kurang
bervariasi. Pada umumnya guru memilih teknik ceramah sebagai jalan utama
dalam pembelajaran sehingga pembelajaran terkesan monoton. Hal ini
menyebabkan siswa merasa jenuh dan bosan dengan pembelajaran membaca
novel. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menghadirkan teknik
loci sebagai alternatif guru yang diposisikan sebagai fasilitator dan motivator. Hal
ini sesuai dengan pembelajaran pada saat ini yaitu siswa dituntut untuk berperan
aktif selama proses pembelajaran berlangsung.
Berdasarkan uraian di atas, muncul permasalahan sebagai berikut (1)
Bagaimanakah peningkatan keterampilan mambaca novel melalui teknik loci pada
siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Sragi tahun pelajaran 2011/2012 dan (2)
Bagaimana perubahan sikap siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sragi tahun
pelajaran 2011/2012 dalam pembelajaran membaca novel melalui teknik loci.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan
membaca novel dan perubahan sikap siswa setelah mengikuti pembelajaran
membaca novel melalui teknik loci. Adapun manfaat yang diperoleh dari
penelitian ini adalah dapat menambah khasanah pengembangan pengetahuan
membaca melalui teknik loci. Selain itu, penelitian ini juga diharapkan dapat
bermanfaat bagi guru, siswa, dan peneliti.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan
dalam dua siklus dan dilaksanakan pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sragi.
Siklus I dan siklus II terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, refleksi.
Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan tes yang
digunakan yaitu berupa tes soal, sedangkan alat pengambilan data nontes yang
digunakan yaitu berupa pedoman observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi
foto. Analisis data yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif dan
kuantitatif.
Berdasarkan data penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa
teknik loci dapat meningkatkan kemampuan membaca novel pada siswa kelas
VIII A SMP Negeri 2 Sragi tahun pelajaran 2011/2012. Pada prasiklus, nilai ratarata

klasikal yang dicapai siswa sebesar 59,5. Hasil penelitian pada siklus I
mencapai 69,83 atau mengalami peningkatan sebesar 10,33% dari hasil
pratindakan. Pada siklus II mencapai 74,57 mengalami peningkatan sebesar
4,74% dari siklus I. Selain itu, perubahan sikap siswa dalam penelitian ini adalah
siswa tampak senang, semangat, dan mengikuti pembelajaran dengan baik dan
menjadi lebih senang dalam pembelajaran membaca novel.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti memberikan saran yaitu (1) untuk
guru bahasa Indonesia agar dapat menggunakan teknik loci sebagai alternatif
pembelajaran membaca novel remaja, (2) bagi siswa hendaknya dalam mengikuti
proses pembelajaran dan pengajaran khususnya pembelajaran membaca novel
dengan semangat dan perilaku baik atau positif, dan (3) bagi praktisi di bidang
pendidikan atau peneliti lain agar dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai
referensi untuk melakukan penelitian.
Kata Kunci: membaca novel, teknik loci.
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

116;xvi;A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

370

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

April 2014

Info Detil Spesifik

Softcopy dan hardcopy

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.