Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

Tokoh Utama Zahrana dalam Novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El Shirazy.

Image of Tokoh Utama Zahrana dalam Novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El Shirazy.
Wanita modern adalah wanita karier dan mandiri yang lebih mengutamakan pendidikannya daripada memikirkan urusan jodohnya. Gambaran wanita modern pada masa sekarang mulai diangkat dalam cerita novel, diantaranya pada Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy. Seorang tokoh bernama Zahrana selain cantik juga memiliki kecerdasan otak yang cemerlang. Kariernya dalam pendidikan membuahkan hasil yang sangat sukses. Kehidupan pribadinya tidak sesukses kariernya, diusianya yang memasuki angka tiga puluhan Zahrana masih saja melajang.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana struktur novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El Shirazy?, (2) bagaimana ciri-ciri tokoh utama Zahrana sebagai wanita modern yang terdapat dalam novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El Shirazy?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan struktur novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El Shirazy, (2) mendeskripsikan ciri-ciri tokoh utama Zahrana sebagai wanita modern dalam novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El Shirazy.
Analisis ini menggunakan pendekatan objektif. Pendekatan objektif dapat digunakan untuk mengetahui unsur-unsur intrinsik sebuah novel. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Data berwujud data primer merupakan data yang diambil dari novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El Shirazy. Data sekunder merupakan data-data yang diambil dari buku-buku lain sebagai bahan referensi.
Hasil analisis pertama, struktur novel meliputi (a) alur yang digunakan adalah alur campuran, karena pada bagian awal novel tersebut menceritakan tentang penghargaan yang diraih oleh Zahrana, cerita selanjutnya ke masa lalu tentang masa-masa saat Zahrana duduk di bangku SMP dan SMA, (b) tokoh utama yaitu Zahrana, (c) latar yang digunakan adalah di kota Semarang pada tahun 2010-an dan dari keluarga yang berstatus sosial rendah. Kedua, ciri-ciri tokoh utama Zahrana sebagai wanita modern dalam novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El Shirazy novel meliputi (a) mempunyai penghasilan dan pekerjaan yang mapan yaitu menjadi dosen di Universitas Mangunkarsa Semarang, (b) mempunyai keahliaan dibidang arsitektur, (c) lebih mementingkan karier akademiknya daripada memikirkan untuk menikah, (d) menginginkan pria yang sempurna, tampan, baik hati, religius, dan mempunyai pekerjaan yang mapan, (e) mempunyai pendidikan yang tinggi yaitu S1 di UGM Yogyakarta dan S2-nya, jurusan arsitektur di ITB Bandung, (f) selalu berusaha mengaktualisasikan diri yaitu demi mengangkat derajat dan martabat kedua orangtuanya, (g) ingin sejajar bahkan lebih dari kaum pria, (h) aktif dalam mengikuti kegiatan Lembar Kerja Ilmiah Remaja dan melakukan penelitian-penelitian di luar negeri, (i) mempunyai wajah cantik, penampilannya selalu nampak anggun dan elegan.
Dari hasil penelitian ini, disarankan agar pengarang lebih banyak lagi menuliskan novel yang mengangkat cerita tentang fenomena-fenomena yang terjadi dikehidupan nyata. Selain itu penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi untuk penelitian-penelitian berikutnya
Kata kunci : Wanita modern dan novel Cinta Suci Zahrana
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

73;xi;A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

370

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

April 2014

Info Detil Spesifik

Softcopy dan Hardcopy

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.