Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

Pemanfaatan Media Poster Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Peserta Didik Kelas VIII D SMP Muhammadiyah Pekajangan

Image of Pemanfaatan Media Poster Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Peserta Didik Kelas VIII D SMP Muhammadiyah Pekajangan
Peserta didik kelas VIII D SMP Muhammadiyah Pekajangan kurang mampu dalam menulis puisi. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang selama ini berlangsung kurang efektif, suasana kelas yang kurang kondusif dan kurangnya penguasaan kosa kata yang dimiliki peserta didik. Selain itu, karena media pembelajaran yang kurang tepat sehingga peserta didik merasa bosan pada saat mengikuti pembelajaran.
Masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses peserta didik kelas VIII D SMP Muhammadiyah Pekajangan dalam menulis puisi bebas; (2) Bagaimana peningkatan keterampilan menulis puisi bebas pada peserta didik kelas VIII D SMP Muhammadiyah Pekajangan dengan menggunakan media poster; (3) Bagaimana perubahan perilaku peserta didik kelas VIII D SMP Muhammadiyah Pekajangan dalam pembelajaran setelah menggunakan media poster.
Peneliti memilih pembelajaran dengan menggunakan media poster. Penggunaan pembelajaran ini membuat suasana pembelajaran lebih interaktif dan membuat peserta didik lebih antusias. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi bebas dengan menggunakan media poster. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Pengumpulan data pada penelitian dilakukan dengan menggunakan tes dan nontes. Data tes diambil dari tes keterampilan menulis puisi. Data nontes diambil dari perilaku peserta didik kelas VIII D SMP Muhammadiyah Pekajangan.
Hasil penelitian (1) Proses pembelajaran mengalami perubahan, hal ini dapat diketahui bahwa dalam proses pembelajaran berjalan lebih efektif dan berkualitas dibandingkan dengan proses pembelajaran sebelum diadakan penelitian. (2) Keterampilan peserta didik menulis puisi mengalami peningkatan dari prasiklus ke siklus I dan siklus I ke siklus II setelah mengikuti pembelajaran dengan media poster. Nilai rata-rata prasiklus sebesar 68. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata klasikal sebesar 72 atau meningkat 4% atau 12% dari hasil prasiklus. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 83 atau meningkat 11 atau 34% dari siklus I dan meningkat 15 atau 47% dari hasil prasiklus. (3) Perubahan perilaku peserta didik kelas VIII D SMP Muhammadiyah Pekajangan ke arah perilaku positif. Perilaku tersebut ditunjukkan dengan antusias peserta didik terhadap pembelajaran menulis puisi.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan media poster dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, hendaknya guru bahasa dan sastra Indonesia menerapkan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media poster.
Kata kunci : keterampilan menulis puisi bebas, media poster.
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

292;xxi;A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

370

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

April 2014

Info Detil Spesifik

Softcopy dan Hardcopy

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.