Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS BERITA DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII A SMP EL HUSNA KANDEMAN BATANG

No image available for this title
Peserta didik kurang berminat untuk pembelajaran tentang membaca. Bagi
peserta didik membaca merupakan kegiatan yang menjenuhkan dan minat belajar
bahasa Indonesia yang belum maksimal. Keterampilan membaca peserta didik
perlu ditingkatkan dengan penggunaan metode yang tepat, metodeDemonstrasiini
di harapkandapatmeningkatkan keterampilan peserta didik dalam membaca teks
berita.
Permasalahan pada skripsi ini adalah bagaimanakah proses pembelajaran,
peningkatan keterampilan membaca teks berita dengan menggunakan metode
demonstrasi, dan perubahan perilaku peserta didik kelas VIII A SMP El Husna
Kandeman Batang. Berdasarkan permasalahan yang dikaji, penelitian ini memiliki
tujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran, peningkatan keterampilan
membaca teks berita, dan perubahan perilaku peserta didik kelas VIII A SMP El
Husna Kandeman Batang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini
adalah hasil keterampilan membaca teks berita peserta didik kelas VIII A SMP El
Husna Kandeman yang berjumlah 29 peserta didik. Penelitian ini terdiri atas dua
siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Data dari penelitian ini diperoleh dari instrumen tes dan nontes. Instrumen tes
berupa tes membaca teks berita. Sementara itu, instrumen nontes berupa pedoman
observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto.
Berdasarkan analisis data penelitian keterampilan membaca teks berita
peserta didik pada prasiklus, siklus I, dan siklus II mengalami peningkatan. Pada
prasiklus nilai rata-rata kelas mencapai 63,93 atau dengan kategori cukup. Peserta
didik yang mencapai KKM hanya 6 peserta didik atau 21%. Pada siklus I, nilai
rata-rata membaca teks berita mencapai 67,37 atau termasuk dalam kategori
cukup. Peserta didik yang mencapai KKM pada siklus I sebanyak 10 peserta didik
atau 34%. Hasil tes tersebut mengalami peningkatan sebesar 3,44 dari prasiklus.
Pada siklus I ke siklus II, prestasi peserta didik juga meningkat sebesar 13,28. Jika
pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 67,37 pada siklus II nilai rata-rata kelas
meningkat menjadi 80,65 atau dengan kategori baik. Peningkatan pada prasiklus
ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 16,72. Peningkatan keterampilan
membaca teks berita peserta didik ini diikuti pula dengan perubahan perilaku
negatif menjadi positif pada siklus II, peserta didik sudah terlihat lebih aktif dan
bersemangat dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode
demonstrasi yang diterapkan oleh guru.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran yang diberikan antara lain : (1)
para guru bahasa dan sastra Indonesia, kiranya bisa menggunakan metode
demonstrasi pada pembelajaran membaca teks berita, karena bisa mendorong
peserta didik aktif dan menumbuhkan minat serta ketertarikan peserta didik dalam
proses belajar mengajar; dan (2) penelitian di bidang pendidikan bahasa dan sastra
Indonesia selanjutnya, hendaknya selalu termotivasi untuk melakukan penelitian
tentang penerapan metode-metode pembelajaran yang lain sebagai lanjutan dari
penelitian ini, sehingga diperoleh alternatif metode pembelajaran yang baru dan
kreatif, khususnya tentang pembelajaran membaca
Kata kunci: membaca, teks berita, dan metode demonstrasi
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

131;xi;A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

370

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

April 2014

Info Detil Spesifik

Softcopy dan Hardcopy

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.