Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

Struktur Kepribadian Tokoh Utama Dalam Novel Cinta Menyapa Dalam Badai karya Mira W

Image of Struktur Kepribadian Tokoh Utama Dalam Novel Cinta Menyapa Dalam Badai karya Mira W
Novel sebagai sebuah karya fiksi menawarkan dunia yang berisi model kehidupan. Cerita fiksi dianggap dapat membuat manusia lebih arif, bijaksana dan berbudaya atau dapat dikatakan sebagai karya yang “memanusiakan manusia”. Pendekatan psikologis bertolak dari asumsi bahwa karya sastra selalu saja membahas tentang peristiwa kehidupan manusia. Maka dapat dinyatakan, watak tokoh dalam karya sastra hanya merupakan perpaduan antara pengamatan pengarang terhadap kehidupan manusia di sekitarnya dan psikologi pengarangnya sendiri.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu Bagaimanakah struktur kepribadian tokoh utama dalam novel Cinta Menyapa Dalam Badai karya Mira W? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui struktur kepribadian tokoh utama dalam novel Cinta Menyapa Dalam Badai karya Mira W. Sasaran dan objek dalam penelitian ini adalah struktur kepribadian tokoh utama dalam novel Cinta Menyapa Dalam Badai karya Mira W. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologis yang bertujuan untuk mengetahui dan memahami tentang tinjauan psikologis tokoh utamanya.
Berdasarkan hasil penelitian, diketahui tokoh utama dalam novel Cinta Menyapa Dalam Badai karya Mira W adalah Anggun. Anggun sebagai tokoh utama adalah seorang wanita yang cantik tetapi memiliki kepribadian yang keras, namun sebagai seorang perempuan Anggun juga memiliki perasaan yang sama seperti perasaan perempuan pada umumnya. Kepribadian dari tokoh utama yang keras kepala menimbulkan berbagai polemik dalam kehidupan, baik dalam hubungan dengan orang tua, suami dan mertua maupun rekan kerjanya. Das Es pada Anggun diwujudkan dengan menganggumi seseorang walaupun pada awalnya Anggun merasa jengkel. Perasaan cinta akan membuat seseorang melakukan apapun demi perasaannya tersebut. Perwujudan Das Ich yang lain dalam struktur kepribadian Anggun, yaitu ketika ia berusaha untuk menutupi sifat Yudha yang kasar, pecandu narkoba. Anggun berusaha menunjukkan kepada orang tuanya bahwa Yudha seorang yang baik dan sukses. Tindakan Anggun menutupi sifat kekasihnya ini merupakan bentuk Das Ich. Kepribadian Anggun dikuasai oleh Das Ueber Ich diwujudkan dengan memiliki kesadaran untuk melakukan sesuatu yang baik, sesuai dengan norma-norma masyarakat yaitu berteman dengan Rianto
Mengacu pada simpulan tersebut peneliti menyarankan agar perlunya penelitian lebih lanjut tentang struktur kepribadian tokoh utama dalam novel Cinta Menyapa Dalam Badai karya Mira W untuk dapat mengetahui secara rinci struktur kepribadiandan tokoh utama yang ada di dalamnya. Peneliti juga menyarankan agar pembaca dapat memahami isi dan pesan yang terkandung dalam novel Cinta Menyapa Dalam Badai karya Mira W. Pembaca hendaknya dapat menerapkan kepribadian yang baik kedalam kehidupan sehari-hari.
Kata kunci: Struktur Kepribadian, Tokoh Utama
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

66;ix;A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

370

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

April 2014

Info Detil Spesifik

Softcopy dan hardcopy

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.