Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

Pemanfaatan Gambar Karikatur untuk Meningkatkan Menulis Slogan pada Peserta Didik Kelas VIII A Semester Genap SMPN 2 Bojong

Image of Pemanfaatan Gambar Karikatur untuk Meningkatkan Menulis Slogan pada Peserta Didik Kelas VIII A Semester Genap SMPN 2 Bojong
Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa
yang perlu diajarkan pada peserta didik secara terpadu dengan keterampilan
berbahasa yang lain. Pada kenyataannya masih banyak peserta didik yang
menganggap keterampilan berbahasa yang paling sulit. Keterampilan menulis
slogan peserta didik kelas VIII A SMPN 2 Bojong sudah baik. Namun,
pencapaian prestasi ini belum memenuhi target yang telah ditetapkan yakni
70. Oleh karena itu, perlu digunakan media pembelajaran yang dapat
meningkatkan motivasi dan prestasi peserta didik yaitu dengan menggunakan
media pembelajaran gambar karikatur.
Penelitian ini mengkaji masalah mengenai 1) bagaimanakah hasil
peningkatan keterampilan menulis slogan pada peserta didik Kelas VIII A
semerter genap SMPN 2 Bojong setelah mendapatkan pembelajaran menulis
slogan dengan menggunakan media gambar karikatur
, dan 2) bagaimanakah
perubahan perilaku peserta didik yang menyertai
keterampilan menulis slogan
pada peserta didik Kelas VIII A semerter
genap SMPN 2 Bojong setelah
mendapatkan pembelajaran menulis slogan dengan menggunakan media gambar
karikatur. Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk
mendiskripsikan peningkatan keterampilan menulis slogan peserta didik dengan
m
edia gambar karikatur, dan mendiskripsikan perubahan perilaku peserta didik
dengan media gambar karikatur.
Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis slogan. Sedangkan
sumber data yang digunakan adalah peserta didik kelas VIII A SMPN 2 Bojong
dengan
target pada siklus I dan siklus II adalah 70. Desain penelitian ini adalah
desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, yakni siklus I
dan siklus II. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes
dan nontes. Teknik tes
berupa keterampilan menulis slogan dengan
menggunakan media gambar karikatur. Teknik nontes berupa perilaku peserta
didik dari hasil observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto pada peserta
didik kelas VIII A SMPN 2 Bojong. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I dan
siklus II, baik data tes maupun data nontes. Dari data tes dapat diketahui
peningkatan nilai menulis slogan dengan menggunakan media gambar
karikatur, yaitu sebesar 6,3 dari nilai 66,85 pada siklus I menjadi 73,65 pada
siklus II meskipun masih berada pada kategori baik. Artinya keterampilan
peserta didik dalam menulis slogan dengan media gambar karikatur pada setiap
aspeknya, peserta didik kelas VIII A mampu menulis slogan sesuai ketepatan
diksi cukup tepat, dan menulis slogan dengan bergaya persuasif.
Hasil analisis data nontes menunjukkan adanya peningkatan perilaku,
peserta didik kelas VIII A SMPN 2 Bojong mengalami peningkatan. Penulis
menyarankan kepada guru bahasa dan sastra Indonesia agar menggunakan
media gambar karikatur untuk pembelajaran menulis slogan. Kepada peserta
didik agar aktif berlatih untuk menulis, terutama menulis slogan. Bagi peneliti
diharapkan penelitian dengan menggunakan media lain untuk menambah
khasanah ilmu bahasa.
Kata kunci : keterampilan menulis, slogan, dan media gambar karikatur.
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

124;xviii;A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

370

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

April 2014

Info Detil Spesifik

Softcopy dan Hardcopy

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.