Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

Pematuhan dan Pelanggaran Prinsip Kerja Sama dalam Sinetron Tukang Bubur Naik Haji selama Mei 2013

Image of Pematuhan dan Pelanggaran Prinsip Kerja Sama dalam Sinetron Tukang Bubur Naik Haji selama Mei 2013
Bahasa merupakan alat nomor satu yang digunakan dalam berkomunikasi. Dalam bahasa terdapat banyak jenis tuturan beragam. tuturan tersebut selain digunakan dalam kehidupan nyata sehari-hari, juga digunakan dalam dunia perfilman, salah satunya dalam sinetron “Tukang Bubur Naik Haji”. Sinetron sederhana ini bercerita tentang kehidupan sehari-hari masyarakat sederhana yang bertutur dengan menggunakan bahasa yang sederhana pula. Dari tuturan tersebut
Banyak ditemukan tuturan-tuturan yang secara kajian prinsip kerja sama mengalami pematuhan dan pelanggaran.
Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini, yaitu bidal prinsip kerja sama apa sajakah yang dipatuhi dalam sinetron Tukang Bubur Naik Haji selama Mei 2013, bidal prinsip kerja sama apa sajakah yang dilanggar dalam sinetron Tukang Bubur Naik Haji selama Mei 2013 dan faktor faktor apa sajakah yang mempengaruhi pematuhan dan pelanggaran bidal prinsip kerja sama dalam sinetron Tukang Bubur Naik Haji selama Mei 2013. Tujuan dari penelitian ini yaitu memaparkan pematuhan, pelanggaran dan faktor yang mempengaruhi munculnya pematuhan dan pelanggaran prinsip kerja sama dalam sinetron “Tukang Bubur Naik Haji selama Mei 2013”. Manfaat penelitian ini adalah semoga hasil penelitian ini dapat menjadi pengalaman baru dalam mengungkapkan perkembangan ilmu bahasa indonesia pada saat ini mengenai pematuhan dan pelanggaran prinsip kerja sama dalam sinetron Tukang Bubur Naik Haji.Hasil penelitian ini dapat memperkaya pengetahuan tentang ilmu bahasa khususnya pematuhan dan pelanggaran prinsip Kerja sama dalam masyarakat. Hasil penelitian ini dapat menambah wawasan kepada masyarakat khususnya dalam pematuhan dan pelanggaran prinsip Kerja sama dalam sinetron tukang bubur naik haji.
Ada dua pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pendekatan secara teoretis dan pendekatan secara metodologis. Pendekatan secara teoretis digunakan dalam menguji analisis data yang digunakan dalam kajian penelitian ini yang dianalisis secara pragmatis. Sementara itu pendekatan penelitian secara metodologi yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa penggalan wacana lisan sinetron “Tukang Bubur Naik Haji”. Sumber data penelitian ini adalah tuturan para tokoh sinetron :Tukang Bubur Naik Haji. Penelitian ini menggunakan teknik rekam dan catat untuk memperoleh data. Analisis data menggunakan metode informal.
Hasil penelitian ini adalah pematuhan prinsip kerja sama yang muncul pada tuturan sinetron “Tukang Bubur Naik Haji” terdiri dari empat bidal, yaitu (1) bidal kuantitas sebanyak sembilan data, (2) bidal kualitas sebanyak delapan data, (3) bidal relevansi sebanyak empat data, dan (4) bidal cara sebanyak satu data. Pelanggaran prinsip kerja sama yang muncul pada tuturan tokoh “Tukang Bubur Naik Haji” terdiri dari empat bidal, yaitu (1) bidal kuantitas sebanyak duabelas data, (2) bidal kualitas sebanyak tiga data, (3) bidal relevansi sebanyak dua data, dan (4) bidal cara sebanyak satu data.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa prinsip kerja sama terdapat empat bidal pematuhan prinsip kerja sama, dan empat bidal pelanggaran prinsip kerja sama. Mengacu pada simpulan dari penelitian ini peneliti berharap semoga penelitian ini bermanfaat bagi peneliti maupun masyarakat lainnya.
Kata Kunci: prinsip kerja sama, bahasa, pragmatik.
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

150;xv;A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

370

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

April 2014

Info Detil Spesifik

Softcopy dan Hardcopy

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.