Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

Interferensi Bahasa Jawa Terhadap Bahasa Indonesia Pada Kegiatan Belajar-Mengajar di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Pekalongan

Image of Interferensi Bahasa Jawa Terhadap Bahasa Indonesia Pada Kegiatan Belajar-Mengajar di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Pekalongan
Interferensi ialah penyimpangan dalam menggunakan suatu bahasa dengan memasukkan sistem bahasa lain. Serpihan-serpihan klausa dari bahasa lain dalam suatu kalimat juga dapat dianggap sebagai peristiwa interferensi.
Tujuan penelitian ini ialah (1) mendeskripsi wujud interferensi bahasa Jawa terhadap bahasa Indonesia pada kegiatan belajar-mengajar di program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia Universitas Pekalongan, (2) mendeskripsi interferensi apa yang paling dominan pada kegiatan belajar-mengajar di program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia Universitas Pekalongan, (3) mendeskripsi faktor-faktor penyebab terjadinya interferensi bahasa Jawa terhadap bahasa Indonesia pada kegiatan belajar-mengajar di program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia Universitas Pekalongan.
Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa data primer. Sumber data pada penelitian ini berupa tuturan Dosen dan Mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia Universitas Pekalongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu menggunakan metode simak dengan teknik rekam dan teknik catat. penulis menggunakan analisis pragmatis dalam menganalisis data.
Hasil penelitian ini adalah adanya interferensi dalam bidang fonologis yang dilakukan oleh Dosen dan Mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia berupa penambahan bunyi nasal yang homorgan di muka kata-kata yang dimulai dengan konsonan /b/, /d/, /g/, dan /j/. Dalam bidang morfologis berupa pembentukan kata dengan afiks seperti, ke-, ke-an, dan –an. Dalam bidang sintaktis berupa penggunaan (kata, frasa, dan klausa di dalam kalimat).
Berdasrkan temuan yang didapat dari penelitian ini, penulis dapat menyimpulkan bahwa interferensi terjadi dalam proses belajar-mengajar di program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia Universitas Pekalongan. Dari simpulan tersebut, penulis menyarankan supaya penggunaan interferensi dibahas lebih luas mengingat interferensi bisa terjadi sama siapapun, kapanpun, dan dimanapun
Kata kunci : Interferensi, Bahasa Jawa, Belajar-Mengajar
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

900;xiii;A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

370

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

April 2014

Info Detil Spesifik

Softcopy dan Hardcopy

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.