Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

PEMANFAATAN MEDIA KARIKATUR PADA MEDIA MASSA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII A SMP N 12 PEKALONGAN

No image available for this title
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, diketahui bahwa tingkat pemanfaatan media karikatur pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 12 Pekalongan terbilang rendah. Keterampilan menulis puisi ini termasuk dalam golongan rendah. Hal ini disebabkan oleh factor siswa kurang minat baca dalam membaca buku-buku mengenai sastra atau puisi dan siswa dalam penguasaan kosa kata dirasa kurang. Pada penggunaan media oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran kurang menarik dan tidak bervariasi atau terlihat monoton. Maka pada penelitian ini memanfaatkan media gambar karikatur diharapkan mampu meningkatkan keterampilan menulis puisi.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana proses pembelajaran dengan pemanfaatan media karikatur pada media massa dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII A SMPN 12 Pekalongan; (2) bagaimana keterampilan siswa kelas VIII A SMPN 12 Pekalongan dalam menulis puisi; (3) bagaimana perilaku siswa dalam pembelajaran tersebut setelah menggunakan media karikatur pada media massa Tujuan penelitian ini adalah; (1) mendeskripsikan proses pembelajaran dengan memanfaatkan media karikatur pada media massa dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII A SMPN 12 Pekalongan; (2) mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VIII A SMPN 12 Pekalongan dalam menulis puisi; (3) mendeskripsikan perubahan perilaku dalam pembelajaran setelah menggunakan media karikatur pada media massa.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap siklus satu dan siklus dua. Subyek penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi kelas VIII A. Adapun sumber data yang di dapat dari SMPN 12 Pekalongan berupa data tes dan nontes. Data tes diambil dari tes keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII A SMPN 12 Pekalongan dengan memanfaatkan media gambar karikatur. Berikutnya pengambilan data nontes yaitu berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman jurnal guru, pedoman jurnal siswa, dan pedoman dokumentasi foto. Variabel penelitian yaitu, keterampilan menulis puisi dengan memanfaatkan media gambar karikatur. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif.
Kemampuan siswa hasil tes keterampilan menulis puisi pada pra siklus terdapat nilai rata-rata sebesar 59,3termasuk kategori cukup. Dengan ketuntasan klasikal sebesar 3,4%, setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan media gambar karikatur, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi sebesar 71,37 % berada dalam kategori cukup dengan ketuntasan klasikal sebesar 48,17% atau sebesar 63,4%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan, menjadi sebesar 79,3% termasuk dalam kategori baik, dengan ketuntasan klasikal sebesar 96,7%. Dengan adanya peningkatan tersebut terbukti bahwa pembelajaran menulis puisi dengan memanfaatkan media karikatur berhasil dengan baik.
Pada proses pembelajaran hasil observasi selama pembelajaran, (1) siswa memperhatikan dari guru saat pembelajaran berlangsung sebesar 80% pada siklus I dan meningkat menjadi 90% pada siklus II dari 30 siswa, (2) respon positif siswa dalam pembelajaran menulis puisi dengan memanfaatkan media karikatur sebesar 52% pada siklus I dan meningkat menjadi 63,34% pada siklus II dari 30 siswa, (3) keantusiasan siswa terhadap media karikatur yang digunakan (menanggapi, dan membuat catatan) sebesar 84% pada siklus I dan meningkat menjadi 96,6% pada siklus II dari 30 siswa, (4) keaktifan siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan pada saat pembelajaran menulis puisi dengan media gambar karikatur sebesar 36% pada siklus I dan meningkat menjadi 76,66% pada siklus II dari 30 siswa, (5) siswa bersikap sungguh-sungguh pada saat pembelajaran menulis puisi dengan media gambar karikatur sebesar 36% pada siklus I dan meningkat menjadi 90% pada siklus II dari 30 siswa.
Dengan demikian, keterampilan menulis puisi siswa dalam memanfaatkan media gambar karikatur mengalami peningkatan dan disertai perubahan sikap dan perilaku positif selama pembelajaran. Peneliti menyarankan supaya guru bahasa dan sastra Indonesia menggunakan media gambar karikatur. Para peneliti bidang bahasa dan sastra Indonesia disarankan agar melakukan penelitian lanjutan mengenai keterampilan menulis puisi
Kata Kunci : pemanfaatan media karikatur, media massa, gambar ilustrasi.
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

180;xxvi;A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

370

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

April 2014

Info Detil Spesifik

Softcopy dan Hardcopy

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.