Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN METODE PETA PIKIRAN DAN MEDIA POSTER TOKOH PAHLAWAN PADA SISWA KELAS VIIIC SMP NU KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN

Image of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN METODE PETA PIKIRAN DAN MEDIA POSTER TOKOH PAHLAWAN PADA SISWA KELAS VIIIC SMP NU KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, diketahui bahwa tingkat menulis puisi pada siswa kelas VIII C SMP Nu Kajen kabupaten Pekalongan masih rendah. Rendahnya keterampilan menulis puisi disebabkan oleh faktor kurangnya penguasaan kosakata yang dimiliki oleh siswa. Selain itu, metode dan media yang digunakan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran kurang menarik dan kurang bervariasi. Penggunaan metode peta pikiran dan media poster tokoh pahlawan, diharapkan mampu meningkatkan keterampilan menulis puisi.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah proses pembelajaran keterampilan siswa kelas VIII C dalam menulis puisi dengan metode peta pikiran dan media poster tokoh pahlawan di SMP Nu Kajen kabupaten pekalongan; (2) bagaimanakah peningkatan keterampilan siswa kelas VIIIC dalam menulis puisi dengan metode peta pikiran dan media poster tokoh pahlawandi SMP Nu kajen kabupaten pekalongan (3) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas VIII C dalam menulis puisi dengan metode peta piikiran dan media poster tokoh pahlawan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan siswa kelas VIIIC dalam menulis puisi dengan metode peta pikiran dan media poster tokoh pahlawan di SMP Nu kajen kabupaten pekalongan; (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan siswa kelas VIIIC dalam menulis puisi dengan metode peta pikiran dan media poster tokoh pahlawan di SMP Nu kajen kabupaten pekalongan; (3) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VIIIC SMP Nu kajen kabupaten pekalongan.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap siklus I dan tahap siklus II. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII C SMP Nu Kajen kabupaten Pekalongan. Variabel yang diungkap dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi dengan metode peta pikiran dan media poster tokoh pahlawan. pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Data tes diambil dari tes kemempuan menulis siswa dengan metode peta pikiran dan media poster tokoh pahlawan, dan data nontes berupa perilaku siswa dari hasil observasi, jurnal siswa, jurnal guru, wawancara dan dokumentasi foto.
Kemampuan siswa menulis puisi mengalami peningkatan dari prasiklus ke siklus I dan siklus I ke siklus II setelah mengikuti pembelajaran dengan metode peta pikiran dan media poster tokoh pahlawan. Nilai rata-rata prasiklus sebesar 53,06. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata klasikal 64,69 atau meningkat sebesar 11,63 atau menigkat 14,1% dari hasil prasiklus. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 76,82 atau meningkat 12,13 atau 12,13%.Berdasarkan hasil observasi selama pembelajaran, (1) siswa yang memperhatikan dan merespon dengan antusias sebesar 62% pada siklus I dan meningkat menjadi 87% pada siklus II dari 32 siswa, (2) siswa merespon positif (senang) terhadap pembelajaran menulis puisi dengan metode peta pikiran dan media poster tokoh pahlawan sebesar 59% pada siklus I dan meningkat sebesar 90% dari 32 siswa pada siklus II, (3) siswa selalu aktif bertanya dan menjawab apabila mengalami kesulitan sebesar 53% dan meningkat menjadi 75% dari 32siswa pada siklus II, (5) siswa menulis puisi dengan sikap yang baik sebesar 56 dari 32 siswa pada siklus I dan mengalami perubahan kearah positif pada siklus II sebesar 84% dari 32 siswa.
Dengan demikian, keterampilan menulis puisi siswa dalam pembelajaran dapat ditingkatkan dengan metode peta pikiran dan media poster tokoh pahlawan,perubahan sikap dan perilaku positif selama pembelajaran. Peneliti menyarankan agar guru bahasa dan sastra indonesia menggnakan metode peta pikiran dan media poster tokoh pahlawan. Para peneliti bidang bahasa dan sastra Indonesia disarankan agar melakukan penelitian lanjutan mengenai keterampilan menulis puisi.
Kata Kunci : keterampilan menulis puisi, metode peta pikiran, poster tokoh pahlawan.
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

132;xxi;A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

370

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

April 2014

Info Detil Spesifik

Softcopy dan Hardcopy

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.