Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO BERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH PEKAJANGAN KABUPATEN PEKALONGAN

Image of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO BERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH PEKAJANGAN KABUPATEN PEKALONGAN
Berdasarkan observasi dan wawancara, Peserta didik kelas VIII C SMP
Muhammadiyah Pekajangan Kabupaten Pekalongan dalam menulis teks berita
masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan peserta didik kurang memahami atau
mengerti unsur-unsur dalam menulis berita. Dalam membuat berita ada unsur unsur yang tertera
yaitu siapa,apa,di mana, kapan,mengapa,danbagaimana.

Masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana proses pembelajaran
keterampilan menulis teks berita dengan menggunakan media video berita pada
peserta didik kelas VIII C SMP Muhammadiyah Pekajangan Kabupaten
Pekalongan, (2) bagaimana peningkatan kemampuan menulis teks berita dengan
menggunakan media video berita pada peserta didik kelas VIII C SMP
Muhammadiyah Pekajangan Kabupaten Pekalongan, dan (3) bagaimana
perubahan perilaku peserta didik kelas VIII C SMP Muhammadiyah Pekajangan
Kabupaten Pekalongan setelah mengikuti pembelajaran menulis teks berita
dengan menggunakan media video berita.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang
dilakukan pada peserta didik kelas VIII C SMP Muhammadiyah Pekajangan
Pekalongan. Siklus I dan siklus II terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan,
tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun variabel penelitian ini adalah
keterampilan menulis teks berita peserta didik dan media video berita. Sedangkan
pengambilan data dilakukan dengan tes dan non tes. Pengambilan data tes yang
digunakan berupa tes keterampilan menulis teks berita, sedangkan pengambilan
data non tes yang dilakukan yaitu pedoman observasi, jurnal peserta didik, jurnal
guru, wawancara, dan dokumentasi foto. Analisis data yang dilakukan
menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan media video berita dapat
meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menulis teks berita. Nilai ratarata

yang dicapai peserta didik pada prasiklus sebesar 60,53 dan berada dalam
kategori cukup. Pada siklus I, nilai rata-rata peserta didik mengalami peningkatan
sebesar 4,94 menjadi sebesar 65,47 dan berada dalam kategori cukup. Setelah
dilakukan siklus II, nilai rata-rata peserta didik mengalami peningkatan sebesar
12,29 menjadi sebesar 77,76 dalam kategori baik. selain itu, perubahan perilaku
peserta didik kelas VIII C SMP Muhammadiyah Pekajangan kearah perilaku
positif. Perilaku tersebut ditunjukkan dengan antusias peserta didik terhadap pembelajaran menulis teks berita, memperhatikan saat pembelajaran berlangsung,
aktif menjawab pertanyaan guru, dan serius dalam pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang dapat diberikan
peneliti yaitu (1) Guru mata pelajaran bahasa Indonesia dapat menggunakan
media video berita sebagai salah satu alternatif media pembelajaran menulis teks
berita. Media video berita terbukti dapat meningkatkan keterampilan menulis teks
berita. Selain itu para guru bahasa Indonesia hendaknya lebih kreatif dalam
menentukan media dalam pembelajaran menulis teks berita agar peserta didik
tidak merasa jenuh mengikuti pembelajaran, dan (2) Para peneliti yang menekuni
bidang penelitian bahasa dan sastra Indonesia, perlu adanya penelitian lanjut,
karena hasil penelitian ini hanya merupakan suatu upaya untuk lebih
meningkatkan hasil pembelajaran
Kata kunci : Keterampilan Menulis Teks Berita, Media Video Berita
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

234;xxi;A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

370

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

April 2014

Info Detil Spesifik

Softcopy dan Hardcopy

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.