Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

RELIGIUSITAS DALAM KUMPULAN CERPEN KETIKA MAS GAGAH PERGI KARYA HELVY TIANA ROSA

No image available for this title
Kumpulan Cerpen Ketika Mas Gagah Pergi Karya Helvy Tiana Rosa bercerita tentang kehidupan tokoh Utama yang Mendapatkan hidayah menjadi muslimah yang lebih baik dengan menjalankan kewajiban sebagai seorang muslimah yaitu menutup aurat dan memperdalam ilmu agama. Jilbab sebagai simbol ketaatan pada tokoh utama. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana bentuk religiusitas yang dimunculkan dalam Kumpulan cerpen Ketika Mas Gagah Pergi karyaHelvy Tiana Rosa, (2) faktor-faktor apa saja yang mepengaruhi religiusitas tokoh utama dalam Kumpulan cerpen Ketika Mas Gagah Pergi karyaHelvy Tiana Rosa,
Tujuan penelitian ini adalah mengungkap kaitan antar dimensi religiusitas dalam karya sastra. Tahap analisis dilakukan dengan mengumpulkan data yang diperoleh setelah dianalisis menggunakan teori religiusitas untuk mengetahui dimensi religiusitas yang ada di dalamnya, yaitu perilaku religius tokoh utama dan tokoh lainnya. Penyajian hasil analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan untuk memaparkan hasil dari penelitian, yaitu mendeskripsikan dimensi religiusitas.
Penelitian ini menghasilkan pertama, dimensi religiusitas dalam kumpulan cerpen Ketika Mas Gagah Pergi karya Helvy Tiana Rosa.faktor-faktor mempengarui religiusitas tokoh utama dalam kumpulan cerpen Ketika Mas Gagah Pergi karya Helvy Tiana Rosa. Dimensi religiusitas dalam kumpulan cerpen Ketika Mas Gagah Pergi karya Helvy Tiana Rosa meliputi (1) Dimensi keyakinan dibuktikan dengan menjalankan kewajiban. (2) Dimensi ritual yang diwujudkan dengan menjalankan solat. (3) Dimensi pengalaman diwujudkan ketika mengikuti ceramah. (4) Dimensi Intelektual yang diwujudkan dengan keinginan untuk mendalami ilmu agama dan menjalankannya. (5) Dimensi Konsekuensi terwujud dalam perilaku, tutur kata, sikap tokoh utama dan tokoh tambahan. Dan faktor- faktor yang mendorong religiusitas tokoh utama dalam kumpulan cerpen Ketika Mas gagah Pergi karya Helvy Tiana Rosa dalam kehidupan sehari-hari meliputi (1) faktor pengaruh pendidikan, (2) faktor pengalaman, (3) faktor kebutuhan, (4) faktor intelektual. Dari keempat faktor itulah yang merupakan pedoman dalam manusia menjalani hidup. Sehingga dapat menghasilkan kepribadian manusia yang berakhlak mulia.

Berdasarkan penelitian ini disarankan ada penelitian lanjutan tentang dimensi religiusitas dalam cerpen yang berbeda. Pada dasarnya setiap karya sastra memiliki pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang kepada pembaca sehingga mereka dapat memahami dan mengetahui tentang religusitas dalam karya sastra.
Kata kunci: Cerpen, Religiusitas, dan Dimensi Religiusitas
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

97;xi;A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

370

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

April 2014

Info Detil Spesifik

Softcopy dan Hardcopy

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.