Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LELAKI YANG SETIA MENCUMBUI SENJA KARYA ANDI ZULFIKAR

Image of KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LELAKI YANG SETIA MENCUMBUI SENJA KARYA ANDI ZULFIKAR
Permasalahan yang terjadi di dalam kehidupan masyarakat banyak digunakan pengarang sebagai inspirasinya. Di dalamnya terdapat pemasalahan yang menimbulkan konflik. Karya sastra yang paling menonjolkan konflik dengan detil adalah novel. Konflik yang dihadirkan dapat membuat pembaca menjadi tertarik sehingga alur cerita menjadi menarik. Konflik tidak harus pertentangan fisik tetapi juga batin.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana konflik batin tokoh utama yang terdapat dalam novel Lelaki Yang Setia Mencumbui Senja karya Andi Zulfikar? (2) Apa saja faktor-faktor penyebab terjadinya konflik batin yang dialami tokoh utama? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan konflik batin tokoh utama yang terdapat dalam novel Lelaki Yang Setia Mencumbui Senja karya Andi Zulfikar, (2) mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya konflik batin yang dialami tokoh utama dalam novel Lelaki Yang Setia Mencumbui Senja karya Andi Zulfikar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi sastra untuk menganalisis konflik batin tokoh utama. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Data berwujud data primer merupakan data yang diambil dari novel Lelaki Yang Setia Mencumbui Senja karya Andi Zulfikar. Data sekunder merupakan data-data yang diambil dari buku-buku lain sebagai bahan referensi.
Hasil analisis konflik batin tokoh utama dalam novel Lelaki Yang Setia Mencumbui Senja karya Andi Zulfikar meliputi (1) konflik batin yang dialami tokoh Said disebabkan oleh dorongan aspek id yang mendominasi dalam dirinya, (2) Keseimbangan aspek ego dan super ego Said dalam mewujudkan harapannya untuk bertemu orang tua kandungnya, (3) Said mengatasi konflik batin yang dialaminya dengan mekanisme pertahanan dan konflik yang berupa represi, pembentukan reaksi, sublimasi, dan fantasi, (4) Faktor yang mempengaruhi terjadinya konflik batin yang dialami Said yaitu agresi, kehilangan, kepribadian, ketidakberdayaan, dan perilaku.
Disarankan dari hasil penelitian ini bisa dimanfaatkan oleh seorang guru dalam menghadapi siswa yang mengalami konflik batin. Selain itu semoga penelitian ini dapat menjadi acuan atau referensi untuk dikembangkan pada penelitian-penelitian selanjutnya.
Kata kunci : Konflik Batin, novel, psikologi sastra
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

72;x;A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

370

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

April 2014

Info Detil Spesifik

Softcopy dan Hardcopy

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.