Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Bismillah Karya Muhammad Makhdlori Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di SMA

Image of Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Bismillah Karya Muhammad Makhdlori Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di SMA
Karya sastra adalah ekspresi jiwa pengarang. Melalui karyanya pengarang mampu mengungkapkan isi hatinya mengenai permasalahan yang dilihat, dirasakan, dan dialaminya dalam sebuah bentuk karya sastra. Salah satu bentuk karya sastra yang menceritakan kehidupan seseorang atau masyarakat secara keseluruhan adalah novel. Selain itu, novel juga memuat pesan atau amanat seperti nilai-nilai pendidikan yang dapat dijadikan teladan bagi pembaca khususnya pelajar. Sebuah novel terbangun dari unsur-unsur intrinsik, diantaranya alur, tokoh penokohan, dan latar yang dijadikan acuan dalam menemukan nilai pendidikan.
Penelitian ini mengangkat permasalahan mengenai nilai pendidikan dalam novel Bismillah karya Muhammad Makhdlori, dan implikasinya dalam pembelajaran sastra di SMA. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Bismillah karya Muhammad Makhdlori dan implikasi novel tersebut sebagai bahan ajar dalam pembelajaran sastra di SMA.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pustaka. Data primer yang digunakan dalam penelitian berupa novel Bismillah karya Muhammad Makhdlori. Data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari buku-buku lain sebagai bahan referensi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan objektif.
Berdasarkan analisis data, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam novel Bismillah karya Muhammad Makhdlori mengandung nilai-nilai pendidikan, yaitu nilai pendidikan moral, nilai pendidikan religius, dan nilai pendidikan sosial, yang digambarkan melalui tokoh Akbar sebagai tokoh utama, tokoh Kiai Maghfur, Hamidah, dan Jihan sebagai tokoh tambahan. Novel Bismillah dapat dijadikan sebagai materi bahan ajar dalam pembelajaran sastra di SMA untuk kelas XI, karena sesuai dengan kriteria bahan ajar pengapresiasian sastra Indonesia bagi siswa SMA.
Saran yang disampaikan dalam penelitian ini adalah menambah pengetahuan tentang nilai-nilai pendidikan dan dijadikan sebagai inspirasi bagi peneliti lain untuk menganalisis novel yang lain dengan tema yang sama, selain itu, seorang guru hendaknya mengembangkan sebagai bahan ajar agar menunjang keberhasilan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
Kata kunci: nilai pendidikan, novel, implikasi dalam pembelajaran sastra
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

99;XIII;A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

370

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

April 2014

Info Detil Spesifik

Softcopy dan Hardcopy

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.