Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF BIOGRAFI TOKOH MELALUI METODE SQ3R PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 2 SRAGI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Image of PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF BIOGRAFI TOKOH MELALUI METODE SQ3R PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 2 SRAGI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2011/2012
Pembelajaran membaca intensif selama ini sudah cukup banyak
dilakukan oleh guru hanya menggunakan metode yang tradisional. Hal ini
mengakibatkan pembelajaran kurang menarik bagi siswa sehingga kemampuan
membaca intensif mereka masih kurang. Menyikapi kodisi seperti ini peneliti
tertarik menerapkan metode SQ3R dalam membaca intensif.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan
kemampuan membaca intensif melalui metode SQ3R pada siswa kelas VII B
SMP Negeri 2 Sragi Kabupaten Pekalongan dan bagaimana peningkatan minat
dan keaktifan siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Sragi Kabupaten Pekalongan
setelah mengikuti pembelajaran membaca intensif melalui metode SQ3R.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan
kemampuan membaca intensif melalui metode SQ3R pada siswa kelas VII B
SMP Negeri 2 Sragi Kabupaten Pekalongan dan untuk mendeskripsikan minat dan
keaktifan siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Sragi Kabupaten Pekalongan setelah
mengikuti pembelajaran membaca intensif. Manfaat yang diperoleh dari penelitian
ini ada dua yaitu 1) secara teoretis dapat memperoleh pengetahuan baru mengenai
membaca intensif melalui metode SQ3R, 2) secara praktis, penelitian ini
memberikan manfaat bagi guru sebagai masukan dalam usahanya meningkatkan
mutu pendidikan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia khususnya
kemampuan membaca intensif, bagi siswa dapat memberi informasi dalam upaya
meningkatkan kemampuan membaca intensif, bagi sekolah sebagai masukan bagi
dunia pendidikan khususnya SMP Negeri 2 Sragi dengan hal-hal yang terkait
kegiatan membaca, dan bagi peneliti dapat melakukan penelitian lebih lanjut
tentang peningkatan kemampuan membaca intensif siswa kelas VII B SMP
Negeri 2 Sragi melalui metode SQ3R.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan
dua siklus. Subjek penelitian ini adalah kemampuan membaca intensif siswa kelas
VII B SMP Negeri 2 Sragi Kabupaten Pekalongan. Objek yang digunakan dalam
penelitian ini adalah bacaan biografi tokoh. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik tes dan nontes. Pendekatan yang digunakan adalah
pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode SQ3R kemampuan
membaca intensif siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Sragi Kabupaten Pekalongan mengalami peningkatan. Pada prasiklus, nilai rata-rata siswa 59,86 atau dalam
kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan, pada siklus I rata-rata kemampuan
membaca intensif siswa meningkat menjadi 66,86, namun belum mampu
mencapai standar minimal yang ditentukan. Pada siklus II nilai rata-rata
meningkat menjadi 77,22 dan telah mencapai nilai rata-rata klasikal yang telah
ditentukan yaitu 70.
Berdasarkan data nontes dapat diketahui adanya peningkatan minat dan
keaktifan belajar siswa. Pada siklus I siswa masih belum terlihat minat dan aktif
dalam mengikuti pembelajaran. Pada siklus I siswa yang mempunyai minat
terhadap pembelajaran sebanyak 20 siswa atau 55,55%. Adapun siswa yang aktif
dalam pembelajaran sebanyak 10 siswa atau 30,30%. Keadaan ini berbeda dengan
siklus II, siswa lebih minat dan aktif dalam proses pembelajaran dibandingkan
dengan siklus I. Pada siklus II siswa yang mempunyai minat terhadap
pembelajaran sebanyak 25 siswa atau 69,44%. Adapun siswa yang aktif dalam
pembelajaran sebanyak 23 siswa atau 63,89%.
Kata Kunci: Membaca Intensif, metode SQ3R
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

82;xvii;A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

370

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

April 2014

Info Detil Spesifik

Softcopy dan Hardcopy

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.