Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

PERAN DUKUN BAYI DALAM MEMBANTU TATALAKSANA PRA PARTUM, PARTUM DAN POST PARTUM DI KECAMATAN WARUNGASEM KABUPATEN BATANG

Image of PERAN DUKUN BAYI DALAM MEMBANTU TATALAKSANA PRA PARTUM, PARTUM DAN POST PARTUM DI KECAMATAN WARUNGASEM KABUPATEN BATANG
Kharisul Afwah
PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS PEKALONGAN
2013 ABSTRAK
Peran Dukun Bayi Dalam Membantu Tatalaksana Pra Partum, Partum, dan Post Partum Di Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang.
Xviii+86 Halaman+3 Tabel+3 Gambar
AKI dan AKB merupakan salah satu indikator derajat kesehatan masyarakat. Di Kabupaten Batang diketahui tingkat AKI mencapai 23/100.000 KH sedangkan AKB mencapai 2,17/1000 KH, hal tersebut dikategorikan tingkat AKI dan AKB di Kabupaten Batang masih tinggi. Salah satu penyebabnya dikarenakan masih rendahnya cakupan pertolongan oleh petugas kesehatan. Di Kecamatan Warungasem pertolongan persalinan oleh bidan sudah cukup memadai namun hal tersbut tidak lepas dari peran dukun bayi dalam membantu tatalaksana pra partum, partum dan post partum karena tradisi yang sudah mengental pada masyarakat Warungasem. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana peran dukun bayi dalam membantu tatalakasana pra partum, partum dan post partum di Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang. Adapun jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksplorasi (exploratory researh) yaitu dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan dari penelitian ini terdiri dari empat orang informan utama yaitu seseorang yang berprofesi sebagai dukun bayi dan empat orang informan triangulasi yaitu seseorang yang memanfaatkan tenaga dari masing – masing informan utama atau dukun bayi serta sebagai informan triangulasi tambahan yaitu seorang bidan sebagai pembina dukun bayi yang mana melihat sejauh mana peran dukun bayi menurut sudut pandang petugas kesehatan di Kecamatan Warungasem. Berdasarkan dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa peran dukun bayi yang paling utama adalah ketika masa post partum meliputi pelayanan pada ibu setelah melahirkan, melakukan ritual cara mensucikan ari – ari bayi, melakukan perawatan pada bayi, memimpin adat terlepasnya pusar bayi dalam istilah jawa dikenal dengan sebutan puputan, memberikan arahan tentang pantangan bagi ibu pada masa post partum. Saran dalam penelitian ini bagi para dukun bayi dengan adanya kepercayaan dari petugas kesehatan sebagai mitra kerja bidan desa maka hendaknya dukun bayi mampu menyampaikan informasi yang berhubungan dengan kesehatan ibu dan anak sehingga dapat membantu upaya pemerintah dalam meningkatkan status derajat kesehatan masyarakat.
Kata kunci : Dukun bayi, pra partum, partum dan post partum Daftar Pustaka : 13 buku, 4 Artikel Peneitian, 1 website ( 1993-2012)
Ketersediaan
FKM01503131614 AFW pTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

614 AFW p

Penerbit

Prodi Kesehatan Masyarakat FIK Universitas Pekalongan : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

86+xviii;A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

614

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

Maret 2013

Info Detil Spesifik

Hard Copy dan Soft Copy (CD)

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.