Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

ANALISIS PENGARUH KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN FARMASI YANG GO PUBLIC YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

No image available for this title
Persaingan dalam dunia usaha semakin kompetitif yang menuntut perusahaan untuk mampu beradaptasi dan bersaing agar terhindar dari kebangkrutan. Usaha yang ditempuh salah satunya adalah dengan mempertahankan dan meningkatkan kinerja keuangan perusahaan agar keberlangsungan usaha dapat terjaga dengan baik dan mencapai hasil yang maksimal. Upaya yang dilakukan yaitu dengan penerapan kebijakan-kebijakan yang dapat menghasilkan efisiensi dan efektivitas dengan memperoleh dan mengalokasi dana secara optimal di pasar modal. Alasan mengapa orang berinvestasi di pasar modal yaitu untuk memperoleh keuntungan. Tingkat keuntungan investasi ini dalam konteks manajemen dapat disebut sebagai return. Dalam pengukuran kinerja keuangan perusahaan dapat dianalisis dari laporan keuangan yang dihitung dengan alat ukur yaitu berupa rasio keuangan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh kinerja keuangan perusahaan yang difokuskan pada Return on Aset (ROA), Debt to Equity Ratio (DER), Price Earning Ratio (PER) dan Economic Value Added (EVA) terhadap
2
return saham pada Perusahaan Farmasi yang go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan farmasi yang go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007-2011. Jumlah sampel dalam penelitian ini diambil dengan metode purposive sampling yang berjumlah 7 perusahaan. Metode analisa yang digunakan yaitu dengan analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis (uji F dan uji t ).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial semua variabel tidak mempunyai pengaruh terhadap return saham dengan hasil nilai sig > 0,05 sedangkan secara simultan semua variabel tidak berpengaruh terhadap return saham dengan nilai sig 0,451.
Kata kunci : Return on Aset (ROA), Debt to Equity Ratio (DER), Price Earning Ratio (PER), Economic Value Added (EVA), Return Saham.
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pekalongan : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

501

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

September 2013

Subyek

-

Info Detil Spesifik

Hard Copy dan Soft Copy (CD)

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.