Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

ANALISIS PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2009-2012

Image of ANALISIS PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2009-2012
ABSTRAKSI
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh mekanisme corporate governance terhadap nilai perusahaan di Indonesia. Pencapaian suatu nilai perusahaan dapat memberikan dampak positif terhadap perusahaan.
Mekanisme corporate governance dilihati dari empat variable yaitu kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, kualitas audit, serta pengungkapan tangung jawab social perusahaan dan nilai perusahaan. Penelitian ini merupakan pengujian hipotesis dengan jumlah sampel 17 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2009-2012. Jenis yang digunakan adalah data sekunder, Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis data yang terlebih dahulu dilakukan pengujian asumsi klasik sebelum melakukan pengujian hipotesis. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis linier berganda dengan uji T, uji F dan koefisien determinasi (R2). Hasil pengujian menunjukkan bahwa seluruh variabel yang di uji secara umum mampu mempengaruhi nilai perusahaan. Namun hanya beberapa variabel dari keseluruhan variabel yang di uji yaitu kepemilikan institusional dan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan yang secara signifikan berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Implementasi corporate governance dalam perusahaan public membuat investor merasa aman dan tertarik untuk berinvestasi. Semakin banyak investor maka harga saham perusahaan akan meningkat dan membuat nilai perusahaan makin meningkat pula.
Kata Kunci : corporate governance, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, kualitas audit, pengungkapan tanggung jawab social perusahaan, nilai perusahaan.
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pekalongan : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

657

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

September 2013

Subyek

-

Info Detil Spesifik

Hard Copy dan Soft Copy (CD)

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.