Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN PENYAKIT DIARE DI DESA JERUKSARI KECAMATAN TIRTO KABUPATEN PEKALONGAN

Image of FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN PENYAKIT DIARE 
DI DESA JERUKSARI KECAMATAN TIRTO KABUPATEN PEKALONGAN
Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan,
ABSTRAK
ix
Universitas Pekalongan 2013
Arif Satriadi Laksono
FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN PENYAKIT DIARE DI DESA JERUKSARI KECAMATAN TIRTO KABUPATEN PEKALONGAN 68 halaman, 6 bab, 19 tabel, 2 gambar, 7 lampiran
Penyakit diare merupakan penyakit yang menonjol di suatu daerah tropis sebagai penyakit menular di negara kita (WHO). Sebagai penyakit tropis diare masih merupakan salah satu masalah utama pada masyarakat indonesia. Jumlah insiden penyakit masih cenderung cukup tinggi, tercatat penderita di dinas kesehatan kabupaten pekalongan dalam kurun waktu tiga tahun terakhir tahun 2010 terdapat 31016 insiden penyakit diare, tahun 2011 terdapat 31176 insiden penyakit diare, tahun 2012 terdapat 15780 insiden penyakit diare, sehingga perlu upaya pencegahan untuk terus mengurangi insiden penyakit diare. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian penyakit diare di desa jeruksari kecamatan tirto kabupaten pekalongan. Rancangan penelitian ini adalah cross sectional, data kejadian penyakit diare diperoleh dari dinas kesehatan kabupaten pekalongan, puskesmas tirto 2 kabupaten pekalongan, Populasi penelitian ini adalah warga jeruksari kecamatan tirto kabupaten pekalongan dengan jumlah sampel 90 responden. Hasil analisa chi square terdapat hubungan yang signifikan antara pendapatan (p=0,024), PHBS cuci tanggan pakai sabun (p=0,000), PHBS sanitasi makanan dan minuman (p=0,024), PHBS penggunaan jamban (p=0,008) dengan kejadian penyakit diare di desa jeruksari kecamatan tirto kabupaten pekalongan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan pendapatan, PHBS cuci tanggan pakai sabun, PHBS sanitasi makanan dan minuman, dan PHBS penggunaan jamban berasosiasi positif terhadap kejadian penyakit diare. Kata Kunci : Faktor-Faktor Kejadian Penyakit Diare Daftar Pustaka : (1995-2012)
Ketersediaan
FKM00603131Tersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

614 LAK f

Penerbit

Prodi Kesehatan Masyarakat FIK Universitas Pekalongan : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

68+xvi;A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

614

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

Maret 2013

Info Detil Spesifik

Hard Copy dan Soft Copy (CD)

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.