Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KESIAPAN BUMIL RISIKO TINGGI ANEMIA DALAM MENGHADAPI PERSALINAN DI PUSKESMAS KRAMATSARI KOTA PEKALONGAN

Image of FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KESIAPAN BUMIL RISIKO TINGGI ANEMIA DALAM MENGHADAPI PERSALINAN DI PUSKESMAS KRAMATSARI 
KOTA PEKALONGAN
Fakultas Ilmu Kesehatan
Program Studi Kesehatan Masyarakat
Universitas Pekalongan 2012


ABSTRAK

NINIK WINARTI

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KESIAPAN BUMIL RISTI ANEMIA DALAM MENGHADAPI PERSALINAN DI PUSKESMAS KRAMATSARI TAHUN 2012

xvii + 70 halaman + 6 Bab + 18 Tabel + 4 Lampiran

Ibu hamil risiko tinggi (risti) anemia bisa menyebabkan kematian pada ibu hamil, sedangkan kesiapan bumil risti anemia merupakan faktor utama dalam mempersiapkan kehamilannya dalam menyambut persalinan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kesiapan bumil risti anemia dalam menghadapi persalinan di Puskesmas Kramatsari.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah semua ibu hamil risiko tinggi (risti) anemia pada tahun 2012 di Puskesmas Kramatsari, dimana semua populasi menjadi obyek dalam penelitian ini yaitu 32 ibu hamil risti anemia. Pengumpulan data primer dengan metode survey melalui wawancara dengan koesioner dengan pengukuran pengetahuan ibu hamil, pelayanan kehamilan oleh tenaga kesehatan dan dukungan keluarga. Data sekunder dari catatan medik di Progam KIA di Puskesmas Kramatsari kemudian data yang terkumpul diolah dan dianalisis dengan uji statistik Chi-square.
Hasil penelitian menunjukan Pengetahuan Ibu Hamil risiko tinggi yang siap dalam menghadapi persalinan 19 orang (59,4 %) dan yang tidak memiliki kesiapan dalam persalinan 4 orang (12,5 %), Ada hubungan yang siqnifikan antara Pengetahuan ibu hamil risiko tinggi, Pelayanan kesehatan oleh tenaga kesehatan dan Dukungan keluarga dengan kesiapan persalinandi Puskesmas Kramatsari.
Untuk mengurangi risiko kehamilan risiko tinggi anemia disarankan agar
Masyarakat mengenali tanda-tanda secara dini terjadinya komplikasi selama kehamilan,persalinan dan nifas sehingga bila ibu mengalami komplikasi dapat segera di tangani oleh petugas kesehatan.

Kata kunci : Bumil Risti Anemia, Kesiapan Persalinan.
Pustaka : 23 (1996 - 2010)

Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

614 WIN f

Penerbit

Prodi Kesehatan Masyarakat FIK Universitas Pekalongan : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

70+xvii;A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

614

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

2013

Info Detil Spesifik

Hard Copy dan Soft Copy (CD)

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.