Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

SKEMA PEMBIAYAAN KESEHATAN MENUJU UNIVERSAL COVERAGE DALAM KONTEKS EKONOMI ISLAM

Image of SKEMA PEMBIAYAAN KESEHATAN MENUJU UNIVERSAL COVERAGE DALAM KONTEKS EKONOMI ISLAM
Sikap orang memiliki hak yang sama untuk mmenuhi kebutuhan kesehatan dasarnya. Namun akibat isu kemiskinan, sebagian masyarakat terutama masyarakat miskin terhambat tidak dapat mengakses layanan kesehatan. Oleh karena itu diperlukan peran pemerintah untuk memberikan perlindungan sosial untuk menjamin biaya kesehatan agar tercapai ekuitas dan universal coverge (cakupan menyeluruh). Undang-undang Nomor 40 tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional memungkinkan adanya beberapa skema pebiayaan kesehatan yang diselenggarakan untuk mencapai cakupan menyerluruh. Skema tersebut meliput Jaminan Kesehatan Masyarakat, Jaminan Kesehatan Daerah, Jaminan Persalinan, Jaminan Sosial Tenaga Kerja bidang Kesehatan, Asuransi Kesehatan solial.
Jaminan kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) dan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) merupakan perlindungan sosial yang diperuntukkan bagi masyarakat miskin. Sumber pendanaan Jamkesmas berasal dari pemerintah pusat, sedangkan Jamkesda bersumber dari pemerintah daerah dengan memperhitungkan kemampuan masing-masing daerah. Kepesertaan Jakesmas tahun 2011 mencapai 76,4 juta jiwa dan Jamkesda sebanyak 31,5 juta jiwa. Jaminan persalinan (Jampersal) diselenggarakan sebagai upaya mempercepat penurunan kematian ibu dan bayi sesuai dengan tujuan pembangunan millennium (MDGs)tahun 2015. Kepesertaan Jampersal adalah semua ibu yang belum memiliki perlindungan persalinan. Asuransi kesehatan sosial diselenggarakan dengan prinsip subsidi silang antar perserta. Asusransi kesehatan sosial lebih dititikberatkan untuk melindungi peserta dari kerugian finansial akibat sakit.
Skemaa pembiayaan kesehatan yang meliputi Jamkesmas, Jamkesda, Jampersal, dan asuransi kesehatan sosial dapat dikatakan sesuai dengan perinsip ekonomi Islam. Diantaranya adalah kesejahteraan sosial, ekuitas serta tidak berorientasi individu. Skema pembiayaan kesehatan yang diselenggarakan di Indonesia akan memberikan keadilan dan kesejahteraan sosial bagi masyarakat sama seperti substansi yang terkandung dalam ekonomi islam.

kata kunci : pembiyaan Kesehatan, Universal Converage, Ekonomi Islam
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

Perkembangan dan Perspektif Ekonomi Islam Di Indonesia

No. Panggil

-

Penerbit

Fakultas Ekonomi Universitas Pekalongan : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

258,+vi, A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

978-602-95323-7-1

Klasifikasi

501

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Syariah 2012

Subyek

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.