Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

PENGARUH KEPATUHAN PASIEN TERHADAP TINGKAT KESEMBUHAN PENYAKIT TB PARU DI PUSKESMAS BATANG I KABUPATEN BATANG

No image available for this title
ABSTRAK
Pengaruh Ke patuhan Pasien Terhadap Tingkat Kesembuhan Penyakit TB Paru di Puskesmas Batang I Kabupaten Batang
Drs. Imam Purnomo, M. Kes. dan Remilda, A.S. S. Kep. Ns
Jurusan Keperawatan FIK Universitas Pekalongan , 2013

Tuberkulosis (TB) adalah suatu penyakit infeksi yang menular, disebabkan oleh kuman mycobacterium tuberculosis. Sumber penularan adalah dahak yang mengandung kuman TB. Gejala umum TB adalah batuk yang terus menerus dan berdahak selama 2 -3 minggu atau lebih. Bila tidak diobati maka setelah lima tahun sebagian besar (50 %) penderita akan meninggal, (Depkes RI, Gerdunas TBC, 2007). Tujuan umum penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kepatuhan pasien terhadap tingkat kesembuhan penyakit TB Paru di Puskesmas Batang I Kabupaten Batang. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk m engetahui kepatuhan berkunjung berobat dan kepatuhan mengkonsumsi obat terhadap tingkat kesembuhan pasien TB Paru di Puskesmas Batang I , melalui penelitian kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional.
Hasil analisa univariate variabel kepatuhan, baik kepatuhan dalam berkunjung ke Puskesmas, kepatuhan dalam mengkonsumsi obat yang menyatakan patuh 874 (90,75 %), dan yang menyatakan tidak patuh 88 (9,25 %) sehingga responden sangat patuh sesuai dengan petunjuk petugas kesehatan di Puskesmas Batang. Hasil analisa variabel tingkat kesembuhan, baik tidak merasa batuk bercampur darah, badan tidak terasa lemah dan berat badan relatif stabil, yang menyatakan ada kesembuhan 729 (89,56 %), yang berarti ada kecenderungan mencapai tingkat kesembuhan yang sangat baik, dan yang menyatakan belum sembuh 85 (10,44 %).
Hasil analisia bivariate untuk mengetahui besarnya pengaruh kedua variabel, hasil rxy = 0,528, sesuai tabel pedoman interpretasi koefisien korelasi termasuk ada hubungan yang sedang, karena terdapat dalam interval 0,40 – 0,599. Apabila dikonsultasikan dengan tabel r untuk N = 74 maka rxy sebesar 0,528> r tabel 0,227 (tingkat signifikansi 5 %), dan > 0,296 (tingkat signifikansi 1 %). Kata Kunci: Kepatuhan Berobat, Tingkat Kesembuhan
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

610.7301 KAS p

Penerbit

Prodi Ilmu Keperawatan FIK Universitas Pekalongan : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

59 +x;A4

Bahasa

English

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

610.7301

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

Sep 2013

Info Detil Spesifik

Hard Copy dan Soft Copy (CD)

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.