Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

PENGARUH PEMAKAIAN PERASAN DAUN BELIMBING WULUH (Averrhoa bilimbi L.) TERHADAP KEMATIAN LARVA Aedes aegypti

Image of PENGARUH PEMAKAIAN PERASAN DAUN BELIMBING WULUH (Averrhoa bilimbi L.) TERHADAP KEMATIAN LARVA Aedes aegypti
Nyamuk termasuk subfamili Culicinae, famili Culicidae (Nematocera : Diptera) merupakan vektor dari penyakit arbovirus. Demam berdarah dengue adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Berbagai upaya telah dilakukan untuk membasmi larva Aedes aegypti dengan pemberantasan sarang nyamuk (PSN), larvasida, dan ikanisasi namun tetap saja angka kesakitan Demam Berdarah dengue tinggi. Daun Belimbing Wuluh (Avverhoa bilimbi L) mengandung alkaloid, flavanoid, triterpenoid, saponin, dan tanin yang dapat dimanfaatkan sebagai larvasida.
Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah ada pengaruh pemakaian perasan daun Belimbing Wuluh terhadap kematian larva Aedes aegypti. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Pra eksperimen dengan rancangan One shot case study. Dimana subjek dalam penelitian ini dibagi dua kelompok, yaitu kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. dalam penelitian ini adalah 25 larva Aedes aegypti instar III pada kelompok perlakuan dan kontrol dengan empat kali pengulangan.
Tingkat kematian larva pada kelompok perlakuan berbeda, pada konsentrasi 2% dan 2,5% tidak terjadi kematian larva, 3% sebesar 1, 3,5% sebesar 12, 4% sebesar 18, dan 4,5% sebesar 22. Sedangkan pada kelompok kontrol tidak terjadi kematian. Hasil uji One Way Anova diketahui bahwa ada Pengaruh Pemakaian Perasan Daun Belimbing Wuluh Terhadap Kematian Larva Aedes aegypti. Konsentrasi yang efektif dalam penelitian ini adalah 4,5%, dengan þ = 0.002 ( þ < 0.05), koefisien korelasi 0.759 dan persamaan regresi liniernya yaitu Y = 2.233 + 0.221 X.
Saran : Perasan daun Belimbing Wuluh dapat digunakan sebagai larvasida untuk membunuh larva Aedes aegypti dengan konsentrasi 4,5%. Perasan daun Belimbing Wuluh dapat digunakan sebagai penangkal gigitan nyamuk Aedes aegypti dengan cara disapukan ditangan.
Kata Kunci : Belimbing Wuluh (Avverhoa bilimbi L), Aedes aegypti.
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

614 WID p

Penerbit

Prodi Kesehatan Masyarakat FIK Universitas Pekalongan : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

52+vi; A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

614

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

Sep 2013

Info Detil Spesifik

Hard Copy dan Soft Copy (CD)

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.