Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

PERBEDAAN KINERJA PELAYANAN IBU NIFAS OLEH BIDAN DESA DI PUSKESMAS DORO 1 DAN PUSKESMAS WONOKERTO KABUPATEN PEKALONGAN

Image of PERBEDAAN KINERJA PELAYANAN IBU NIFAS OLEH BIDAN DESA DI PUSKESMAS DORO 1 DAN PUSKESMAS WONOKERTO KABUPATEN PEKALONGAN
Latar Belakang : Asuhan masa nifas diperlukan dalam periode ini karena merupakan masalah kritis baik ibu maupun bayinya. Diperkirakan bahwa 60% kematian ibu akibat kehamilan terjadi setelah persalinan, dan 50% kematian masa nifas terjadi dalam 24 jam pertama.(Eny Retna Ambarwati dan Diah Wulandari, 2010). Keith Davis dalam A.A. Anwar Prabu Mangkunegara, 2000 Faktor yang mempengaruhi pencapaian kinerja adalah faktor kemampuan (ability) dan faktor motivasi (motivation). Membandingkan kinerja dua puskesmas yaitu Puskesmas Doro 1 merupakan puskesmas yang terdapat AKI masa nifas dan Puskesmas Wonokerto yang tidak terdapat AKI nifas.
Tujuan : Mengetahui perbedaan kinerja pelayanan ibu nifas oleh bidan desa di Puskesmas ada AKI nifas dan Puskesmas yang tidak ada AKI nifas.
Rancangan penelitian : Jenis penelitian adalah komparasi dengan rancangan cross sectional. Jumlah sampel73 responden. Analisis data dilakukan secara univariat, bivariat dengan t- test.
Hasil penelitian : Nilai t hitung > t tabel (4,502 > 1,666) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berart i ada perbedaan kinerja bidan desa antara pelayanan nifas dengan ada AKI nifas yang diwakili oleh Puskesmas Doro 1 dan pelayanan nifas dengan tidak ada AKI nifas yang diwakili oleh Puskesmas Wonokerto. Pada tabel Group Statistics terlihat rata-rata (mean) untuk kinerja bidan desa dalam pelayanan nifas dengan ada AKI nifas yang diwakili oleh Puskesmas Doro 1 adalah 23,97 dan untuk kinerja bidan desa dalam pelayanan nifas dengan tidak ada AKI nifas yang diwakili oleh Puskesmas Wonokerto adalah 25,05. Perbedaan rata-rata sebesar 1,080 (25,05-23,97), dan perbedaan berkisar antara 0,602 sampai 1,558.
Saran : agar bidan memberikan pelayanan yang terbaik selama masa nifas dan memberikan penyuluhan tentang bahaya yang mungkin timbul selama masa nifas guna meminimalkan bahkan menghindari adanya kematian ibu masa nifas.
Kata Kunci : Kinerja, Masa Nifas, Bidan Desa
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

614 NOV p

Penerbit

Prodi Kesehatan Masyarakat FIK Universitas Pekalongan : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

75+xv; A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

614

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

Sep 2013

Info Detil Spesifik

Hard Copy dan Soft Copy (CD)

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.