Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUNJUNGAN ANTENATAL CARE DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KANDANGSERANG KABUPATEN PEKALONGAN

Image of ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUNJUNGAN ANTENATAL CARE DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KANDANGSERANG KABUPATEN PEKALONGAN
Antenatal Care merupakan pelayanan yang bersifat preventif care untuk mencegah terjadinya masalah yang kurang baik bagi ibu maupun janin. Pelaksanaan Antenatal Care ini sangatlah penting dilakukan oleh ibu hamil karena setiap kehamilan dapat berkembang menjadi masalah atau mengalami penyulit/komplikasi jika tidak dipantau secara rutin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kunjungan Antenatal Care ibu hamil trimester III di Wilayah Kerja Puskesmas Kandangserang Kabupaten Pekalongan.
Desain penelitian ini termasuk penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan cross sectional melalui metode kuantitatif dengan pendalaman jawaban. Menggunakan metode sampling jenuh atau (total sampling) diperoleh total sampel sebanyak 61 ibu hamil trimester III. Analisis menggunakan analisis univariat, bivariat dan multivariat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 variabel yang berhubungan dengan kunjungan Antental Care yaitu pengetahuan (p value=0,003), sikap (p value=0,011), dukungan keluarga (p value=0,05). Terdapat 3 variabel yang tidak berhubungan yaitu pendidikan (p value=0,585), paritas (p value=0,623), kinerja Bidan (p value=0,172). Variabel yang paling dominan berhubungan dengan kunjungan Antenatal Care adalah variabel pengetahuan dengan dengan nilai exp(B) = 15,1. Untuk peningkatan kualitas pelayanan Antenatal Care diharapkan kepala Puskesmas Kandangserang dapat melakukan Posyandu Mobile (sejenis Home Visit) agar pemberian Antental Care dapat menjangkau ibu meskipun didaerah terpencil. Menyediakan jaringan komunikasi khusus antara kader kesehatan dan bidan setempat sehingga dapat secara cepat diketahui apabila terdapat ibu hamil yang belum mendapatkan pelayanan Antenatal.

Kata Kunci : Antenatal Care, Kehamilan, Trimester III
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

614 WAH a

Penerbit

Prodi Kesehatan Masyarakat FIK Universitas Pekalongan : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

98+xxi; A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

614

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

2013

Info Detil Spesifik

Hard Copy dan Soft Copy (CD)

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.