Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

BEBERAPA DETERMINAN YANG BERPENGARUH TERHADAP KEMATIAN MATERNAL DI KABUPATEN PEKALONGAN

Image of BEBERAPA DETERMINAN YANG BERPENGARUH TERHADAP KEMATIAN MATERNAL DI KABUPATEN PEKALONGAN
Latar Belakang : Angka Kematian Maternal (AKM) di Indonesia masih cukup tinggi yaitu sekitar 226 per 100.000 kelahiran hidup (Depkes RI,2010). Angka Kematian Maternal merupakan indicator status kesehatan ibu. McCarthy dan Maine mengemukakan 3 faktor yang mempengaruhi kematian maternal yaitu determinan dekat, determinan antara dan determinan jauh. Kabupaten Pekalongan merupakan salah satu kabupaten di Propinsi Jawa Tengah yang memiliki kasus kematian maternal cukup tinggi, sehingga diperlukan studi untuk mengetahui determinan yang berpengaruh terhadap kematian maternal di Kabupaten Pekalongan.
Tujuan : Mengetahui beberapa determinan yang berpengaruh terhadap Kematian Maternal di Kabupaten Pekalonagan.
Rancangan penelitian : Jenis penelitian adalah observasional dengan desain studi kasus kontrol. Jumlah sampel 31 kasus dan 31 kontrol. Analisis data dilakukan secara univariat, bivariat dengan chi square test, multivariat dengan regresi logistik metode backward.
Hasil penelitian : Determinan yang berhubungan dengan kematian maternal berdasarkan analisis bivariat adalah pendidikan(p=0,000), jarak kehamilan(p=0,022) dan riwayat komplikasi(p=0,005). Determinan yang berpengaruh terhadap kematian maternal berdasarkan analisis multivariat adalah pendidikan(OR=66,9; p=0,000), riwayat komplikasi(OR=8,77; p=0,012) dan pelaksanaan ANC(OR=0,07; p=0,006). Probabilitas ibu untuk mengalami kematian maternal yang memiliki determinan pendidikan rendah, adanya riwayat komplikasi dan pelaksanaan ANC yang tidak lengkap tersebut adalah 63%. Pendidikan dengan faktor risiko tinggi mempengaruhi perilaku kesehatan ibu dalam pelaksanaan ANC dimana ANC dapat mendeteksi adanya riwayat komplikasi sebelum persalinan yang berguna mencegah terjadinya kematian maternal.
Saran : meningkatkan penyuluhan mengenai faktor risiko kematian maternal, mengoptimalkan program kelas ibu untuk pencegahan kematian maternal, dan membentuk wadah guna pembiayaan kesehatan saat persalinan maupun melakukan rujukan

Kata Kunci : Determinan, Kematian Maternal, Studi Kasus Kontrol
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

614 NIN b

Penerbit

Prodi Kesehatan Masyarakat FIK Universitas Pekalongan : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

140+xxi; A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

614

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

2013

Info Detil Spesifik

Hard Copy dan Soft Copy (CD)

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.