Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

PERBANDINGAN EFEKTIFITAS LARUTAN DAUN SIRIH MERAH DAN HIJAU DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN JAMUR Candida albicans RONGGA MULUT

Image of PERBANDINGAN EFEKTIFITAS LARUTAN DAUN SIRIH MERAH DAN HIJAU DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN JAMUR Candida albicans RONGGA MULUT
ABSTRAK
Daun sirih merupakan tanaman obat yang memiliki banyak manfaat serta mengandung zat antiseptik pada seluruh bagiannya. Daunnya banyak digunakan sebagai bahan obat tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit. Salah satunya penyakit rongga mulut yang disebabkan oleh Jamur Candida albicans dimana mampu menyerang semua umur. Dalam penelitian ini digunakan dua jenis daun sirih yaitu sirih merah dan hijau. Oleh karen itu peneliti bertujuan untuk membandingkan kekefektifan dari kedua kandungan daun sirih tersebut dalam menghambat pertumbuhan Jamur Candida albicans.
Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dengan Pre-Experimental Design. Model rancangan penelitian ONE Shot Case Study dalam rancangan ini ada dua perlakuan yaitu (X) dan (Y). Kemudian dilakukan pengukuran (observasi) atau posttest (0). Analisis menggunakan One Way ANOVA.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan antar konsentrasi larutan daun sisrih merah dan sirih hijau yaitu untuk sirih merah 18,375 mm dan sirih hijau 6,5 mm. Untuk perbedaan rata-rata lebar zona hamabat sirih merah sebesar 7,05 dan sirih hijau sebesar 1,30. Untuk itu yang paling efektif dalam menghambat pertumbuhan Jamur Candida albicans Rongga mulut adalah sirih merah.
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

614 KUR p

Penerbit

Prodi Kesehatan Masyarakat FIK Universitas Pekalongan : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

56+xv; A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

614

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

Sep 2013

Info Detil Spesifik

Hard copy dan softcopy (CD)

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.