Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

BUDIDAYA TERPADU IKAN NILA MERAH (Oreochromis sp) DENGAN IKAN LELE DUMBO (Clarias gariepinus Burchel) BERBASIS EKOWISATA SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PETUNGKRIYONOO PEKALONGAN

Image of BUDIDAYA TERPADU IKAN NILA MERAH (Oreochromis sp) DENGAN IKAN LELE DUMBO (Clarias gariepinus Burchel) BERBASIS EKOWISATA SEBAGAI UPAYA
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PETUNGKRIYONOO PEKALONGAN
Ekowisata adalah kegiatan seseorang melakukan perjalanan kekawasan yang memiliki relefansi dengan tata kehidupan masyarakat untuk melihat keindahan alam, budaya dalam usaha meningkatkan pengetahuannya (Soetomo, WE, 2004)
Daerah petungkriyono merupakan wilayah kabupaten pekalongan bagian atas (bagian pegunungan). Wilayah tersebut berhawa sejuk, alamnya indah dan kondisinya masih natural. Selain hutan hamparan perkebunan sayur yang luas juga terdapat air terjun yang indah serta kondisi perairannya memungkinkan untuk usaha budidaya ikan air tawar secara terpadu.
Budidaya terpadu atau poli kultur adalah system pemeliharaan ikan lebih dari satu jenis dalam satu kolam. Adapun jenis jenis ikan yang dapat dan biasa dibudidayakan dalam satu kolam antara lain adalah ikan nila merah (Oreochromis sp) dan ikan lele dumbo. Kedua jenis ikan tersebut selain relative mudah dibudidayakan juga mempunyai rasa daging yang khas, bila cara memasak dan menghidangkan menarik akan menjadikan konsumsi ikan semakin meningkat. Beberapa tahun terakhir ini ikan nila merah dan ikan lele dumbo telah banyak berkembang di Indonesia dan mempunyai prospek yang cerah. Hal tersebut tentunya menjadi perangsang bagi petani ikan untuk melakukan usaha budidaya ikan secara intensif.
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

EKOWISATA PETUNGKRIYONO BERBASIS KEWIRAUSAHAAN

No. Panggil

-

Penerbit

Universitas Pekalongan Press : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

978-602-95322-10

Klasifikasi

Ilmu Perikanan

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

Prosiding Seminar Dan Lokakarya Nasional

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.