Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

DIVERSIVIKASI PENGOLAHAN IKAN UNTUK MENDUKUNG PEMBERDAYAAN WANITA NELAYAN

No image available for this title
Wilayah pesisir tidak asing lagi dikenal dengan penagkapan ikan, keadaan ikan yang melimpah merupakan peluang bagi wanita nelayan. Hal ini berarti dalam Pembangunan wilayah pesisir tidak terlepas dari pemberdayaan wanita nelayan, pada umummnya wanita nelayan tidak hanya sebagai pengurus rumah tangga, tetapi mereka ikut serta dalam aktifitas mengelola hasil perikanan. Hal ini dilakukan karena keterbatasan ekonomi keluarga yang menuntut wanita nelayan untuk ikut bekerja sebagai sebuah mata pencaharian alternatif seperti dalam penanganan pasca panen tangkap perikanan.

Ikan merupakan salah satu sumber makanan dengan kandungan protein berupa asam amino esensial yang cukup tinggi yaitu 18,0 – 30 % protein , lemak tak jenuh ganda ( omega 3) yaitu sebagai asam lemak essensial yang sangat diperlukan terutama balita untuk meningkatkan kecerdasan, sedangkan bagi lansia menghambat kepikunan ( Arianto E dan Evi Liviawaty, 1993). Namun kelemahan daging ikan adalah cepat membusuk dan oleh karenanya perlu penanganan yang cepat dan tepat dalam pengawetan ikan. Hal ini melalui berbagai cara pengolahan atau difersifikasi produkproduk perikanan antara lain yaitu pengolahan abon, kerupuk ikan dan udang, pengolahan dendeng serta
pengeringan ikan.

Tujuan utama dari diversifikasi Produkproduk perikanan adalah menambah berbagai macam jenis olahan ikan yang sangat disukai oleh masyarakat dengan ciriciri khusus perubahan sifat daging ikan misalnya bau, rasa (flavor), bentuk dan tekstur. Selain itu diversifikasi pengolahan ikan diharapkan menambah nilai jual serta meningkatkan pendapatan keluarga nelayan dan akhirnya meningkatkan keluarga nelayan menjadi lebih sejahtera.

Kata kunci: diversivikasi, wanita nelayan, pasca tangkap
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

Pengembangan Teknopreneur Berbasis Pertanian untuk Meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat

No. Panggil

630.pto.d

Penerbit

Fakultas Pertanian Universitas Pekalongan : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

Softcopy 11 hlm.

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

978‐602‐99470‐2‐1

Klasifikasi

630

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

ORAL

Subyek

-

Info Detil Spesifik

Softcopy 11 hlm. A4

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.